Uncategorized

Takjil Favorit Sepanjang Bulan Ramadan yang Bakal Selalu Ada!

Berbuka puasa merupakan saat yang paling ditunggu ketika bulan Ramadan. Segala hidangan akan tersaji, terutama takjil. Sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia ketika berbuka puasa mengonsumsi takjil yang umumnya bercita rasa manis.

Dalam bahasa Arab, takjil berarti penyegaran. Takjil yang dimaksud adalah buah kurma yang memiliki rasa manis alami dan memiliki sejuta manfaat kesehatan. Seiring berkembangnya jaman, maka takjil tidak hanya kurma saja.

Ada banyak jenis takjil yang khas dari berbagai negara. Nah, berikut ini adalah takjil favorit sepanjang bulan Ramadan yang akan selalu ada!

1. Kurma

Buah Kurma (sumber: Toko Kurma Ajwa)

Kurma adalah takjil yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada seluruh umat Muslim. Kurma biasa dimakan langsung bersama dengan teh manis hangat. Tapi kini banyak varian kurma yang bermunculan, seperti kurma coklat, kurma almond dan brownies kurma.

2. Gorengan

Aneka Gorengan (sumber: Kidnesia)

Gorengan adalah jajanan favorit orang Indonesia sepanjang masa. Pasalnya, gorengan adalah cemilan yang enak dan mudah ditemui dimana-mana. Selain itu juga karena harganya yang murah dan bisa untuk mengisi perut di antara jam-jam besar.

Ketika bulan Ramadan tiba, maka gorengan paling banyak diburu. Gorengan dapat mengganjal perut, umumnya orang yang berbuka dengan memakan gorengan terlebih dahulu ia akan mudah kenyang. Tetapi sebenarnya gorengan ini juga tidak sehat. Karena minyak yang digunakan oleh abang-abang gorengan biasanya tidak pernah diganti.

Ada juga yang mencampurkan plastik ke dalam penggorengan agar gorengan lebih garing, dicampur MSG hingga proses pembuatannya yang tidak bersih. Tetapi sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia untuk menyantap gorengan kapanpun dan dimana pun.

3. Es Buah

Es Buah (sumber: Hnazarian)

Es buah akan menyegarkan tubuhmu dalam sekejap! Selain manis dan segar, kamu bisa mendapatkan manfaat kesehatannya. Karena bahan utama dari es ini adalah buah-buahan yang kaya akan vitamin A dan C. Buah-buahan yang umumnya dipakai adalah buah apel, melon, buah naga, semangka, anggur dan strawberry dengan tambahan sirup serta susu. Mantap!

Es buah sangat mudah ditemui. Hampir seluruh daerah menjual es buah. Selain itu, untuk membuat es buah sendiri juga mudah kok. Kamu hanya tinggal memotong buah-buahan favoritmu, lalu campurkan dengan es batu/es serut, kemudian diberi sirup berwarna merah serta susu kental manis putih. Selain lebih enak buat sendiri pastinya juga lebih sehat.

4. Kolak

Kolak Pisang, Ubi dan Tape (sumber: Recipes Hubs)

Kolak adalah salah satu menu takjil paling populer. Berbagai varian kolak bisa kamu temui di bulan Ramadan. Mulai dari kolak pisang, kolak tape, kolak nangka hingga kolak ubi. Menggunakan kuah santan yang manis benar-benar bisa mengisi tenagamu kembali. Tetapi untuk yang memiliki sakit maag tidak dianjurkan untuk mengonsumsi kolak ketika berbuka puasa karena akan menyebabkan maag kamu kambuh.

5. Jajanan Pasar

Jajanan Pasar (sumber: Maksindo)

Jajanan pasar adalah aneka kue basah dan kue kering yang ditaruh di atas tampah beralaskan daun pisang. Biasanya kamu akan menemui jajanan pasar di pasar-pasar tradisional atau pada acara-acara tertentu.

Saat ini aneka jajanan pasar sudah sulit untuk ditemui. Biasanya isinya terdiri dari nagasari, klepon, wajik, gethuk, putu ayu, gatot, gandos dan masih banyak lagi lainnya. Ketika berkunjung ke pasar dan menemukan aneka jajanan pasar pasti kamu akan lapar mata dan ingin membeli semuanya.

Itulah aneka jenis takjil favorit yang pasti akan selalu kamu temukan ketika bulan Ramadan tiba. Apa jenis takjil favoritmu ada dalam daftar?

(TR/RF/ST/FM)

Baca Juga:

3 Menu Berbuka Puasa Ala KRAFT Cheddar yang Wajib Kamu Coba! Nikmat dan Mudah Dibuat!

Yuk Cobain 3 Resep Minuman Buka Puasa Ala Sirup ABC Special Grade

Baca Disini: Mengapa Kurma Baik Bagi Kesehatan dan 3 Resep Mengolahnya Untuk Berbuka Puasa

4 Aplikasi Resep Masakan Ini Siap Membantumu Menyiapkan Menu Buka Puasa dan Sahur

5 Tips Liburan Tetap Segar & Semangat Meskipun Berpuasa!

 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close