News & InformationScience

Teknologi Baru : Peneliti Ciptakan Alat Pemandu Canggih untuk Tunanetra

Palingbaru –  Baru-baru ini para peneliti melakukan terobosan guna membantu kehidupan para penyandang tuna netra. Mereka yang mengalami disabilitas dalam pengelihatan selama ini kesulitan mengenali secara cepat benda-benda baru di sekitar mereka.

Dan beruntunglah, para peneliti dari Caltech telah mengembangkan alat navigasi untuk mereka. Teknologi ini sudah diuji coba di laboratorium, penjelasannya sendiri telah dimuat dalam satu makalah yang diterbitkan di jurnal eLife.

Alat ini membuat benda-benda yang disentuh akan mengeluarkan suara. Para peneliti alat ini menyebut sistem navigasi tersebut dengan Cognitive Augmented Reality Assistant (CARA).

Teknologinya sendiri dihasilkan dari kombinasi antara perangkat yang kasat mata dan perangkat lunak algoritma komputer. Hasilnya, barang yang dipasang perangkat ini bisa berbicara saat disentuh.

Teknologi ini berperan seperti ‘headset portable’. Kemampuannya bisa menerjemahkan bahasa optik ke bahasa Inggris secara sederhana. Headsetnya ini dikembangkan oleh Microsoft dan diberi nama HoloLens.

Rencananya, perangkat ini akan ditaruh di beberapa tempat publik. Misalnya di bank, swalayan, museum, dan tempat lainnya.

Alat ini diciptakan utamanya untuk membantu tunanetra dalam mengenali barang-barang yang belum familiar baginya.

Nantinya, setiap objek yang disentuh akan berbicara nama dirinya sendiri. Nada suaranya sendiri tergantung jarak benda itu dengan orang yang menyentuhnya. Semakin dekat jaraknya, maka benda itu akan nyaring juga saat mengeluarkan suara.

By Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close