Perkembangan teknologi memang tidak bisa dibendung lagi ya, PiBi? Segala sesuatu dari berbagai jenis bidang sudah merambat dan diinovasikan dengan teknologi, mulai dari industri, SDM, ekonomi, sampai kesehatan pun sudah ada campur tangan teknologi di dalamnya. Seperti penemuan terbaru ini, yaitu GPhone, casing ponsel yang diklaim mampu cek glukosa darah!

GPhone merupakan sebuah teknologi yang diciptakan oleh beberapa ilmuan dari Universitas California yang dipimpin oleh Patrick Mercier dan Joseph Wang yang ahli Nanoengineering. Dalam GPhone, pihak pengembang membenamkan fitur sensor permanen serta rekayasa enzim yang saling terintegrasi. Hebatnya lagi, teknologi ini bisa digunakan tanpa baterai, jadi kamu tidak perlu takut kalau dayanya akan habis. Pada bagian ujung, tersedia sebuah reusable sensor yang bisa terhubung pada printed circuid broad.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menempelkan sample darah pada sensor yang telah disediakan. Lalu sample darah tersebut akan terkontraksi seketika dan mentransmisikan data secara nirkabel melalui Bluetooth ke aplikais yang telah terinstall di smartphonemu. Nah, maka hasil deteksi akan muncul secara rinci dengan data yang bisa kamu simpan sebagai pembanding nantinya.

Hasil deteksi tersebut berupa numerik yang nyaris sama dengan alat pengecek glukosa lainnya. Jadi, kamu pasti bisa menterjemahkan hasil tersebut walau tanpa petunjuk dari dokter. Hebat kan? Untuk saat ini, GPhone masih dalam tahap proof of concept dan akan disempurnakan dalam waktu dekat. Bicara soal harga, sepertinya casing ponsel akan dibanderol dengan harga yang cukup fantastis, mengingat fungsinya yang canggih. Tapi kita tunggu saja ya!

Bagaimana? Mudah kan, PiBi? Dengan alat ini kamu tidak perlu repot-repot lagi pergi ke dokter untuk cek kadar gula.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar