Teknologi terus berkembang dengan pesat di zaman serba digital ini. Terutama teknologi dalam smartphone kita. Setiap perusahaan teknologi seperti berlomba-lomba untuk membuat inovasi terbaru dan terbaik untuk menyempurnakan produk mereka.

Salah satu yang seharusnya segera berganti adalah keamanan ponsel kita yang berupa kunci dengan berbagai variasi. Dari mulai pola, kode berupa angka, kode berupa huruf dan angka, serta Touch ID, hingga Face ID.

Kalau terus dikembangkan nih, PiBi, akan banyak sekali teknologi baru untuk membuka kunci ponsel kita menggunakan bagian tubuh lain yang kita miliki.

Misalnya saja kalau ponsel kita bisa mengenal sidik jari dan wajah, seharusnya akan ada pula teknologi yang bisa mengenali telinga kita. Kabarnya, Amazon sudah memiliki paten atas teknologi yang bisa membuka kunci ponsel dengan mengenali telinga kita. Khususnya ketika kita akan menerima telepon dan mengarahkannya ke telinga.

Wow, keren kaan!

Riset lain yang dilakukan oleh Universitas Albania adalah membuka kunci smartphone menggunakan keringat kita. Widih, unik banget nih, PiBi. Berdasarkan riset, keringat kita memiliki profil asam amino yang berbeda-beda, lho. Jadi, keringat juga bisa mengidentifikasi setiap individu berbeda.

Semakin keren, ada lagi penelitian yang bisa membuka kunci ponsel menggunakan detak jantung! Penelitian itu dilakukan oleh Universitas Buffalo yang mengembangkan prototype scanner jantung yang bisa mendeteksi detak jantung, bentuk, dan gerakannya menggunakan radar.

Penemuan yang berbeda juga diteliti oleh Microsoft dan Fujitsu. Yaitu mendeteksi telapak tangan. Telapak tangan akan menggambarkan pola unik dari pembuluh vena yang ada di bawah kulit kita yang sulit untuk direplikasi. Scanner telapak tangan ini juga sudah bisa digunakan untuk membuka kunci komputer Windows 10 Pro, lho!

Penelitian lainnya di Hong Kong sudah bisa mengembangkan fitur pembuka kunci ponsel menggunakan bentuk, tekstur, dan gerakan bibir. Katanya sih ada perbedaan di bibir kita ketika kita menyebutkan sebuah kata dengan orang lain.

Di antara penelitian-penelitian unik yang dilakukan di seluruh dunia, ada satu yang sudah direalisasikan oleh ponsel ZTE Grand S3 yaitu scanner iris mata. Kamera ponsel ini melakukan scanning terhadap pembuluh darah dan bagian putih pada mata kita. Ketika sudah terdeteksi, maka ponsel akan membuka. Keren!

Riset-riset tersebut memang sudah berjalan, PiBi. Tapi tentu saja akan membutuhkan waktu lama untuk merealisasikannya menjadi kenyataan.

Kapan ya kita bisa membuka kunci dengan telinga, keringat, atau detak jantung kita? Kita tunggu saja.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar