News & InformationScience

Telah Ditemukan: Bintang Tertua Sejagad Raya

Palingbaru- Kebanyakan orang, menduga bintang di semesta ini lahir sehabis peristiwa Big Bang yang terjadi13,8 milyar tahun silam. Kemudian menganggap letaknya pasti jauh dari jangkauan kita di bumi.

Sekarang, anggapan itu sudah usang. Para astronom menemukan bintang tertua yang berusia sekitar 13.5 milyar tahun silam, dan terletak di galaksi yang dihuni bumi : Bima Sakti.

Bintang yang disebut sebagai paling sepuh sealam semesta ini bernama 2MASS J18082002–5104378 B.

Disebut paling tua karena kandungan logam yang ada dalam bintang tersebut sangat rendah. Iya, selama ini, para astronom menghitung usia bintang dari sebarapa banyak kandungan logam dari sebuah bintang.

Semakin sedikit, dia berarti usianya sudah tua. Semakin banyak mengandung logam berarti bintang itu masih muda. Alasan berlandaskan pendapat bahwa di usia alam semesta yang masih dini, tidak terdapat logam. Keberadaannya, dihasilkan dari muntahan generasi awal bintang-bintang.

2MASS J18082002–5104378 B ini memiliki kandungan logam terendah di antara beberapa bintang yang pernah ditemukan. Ukurannya pun kecil, sekitar sepuluh persen dari massa Matahari.

Akibat ukurannya yang kecil dan redup inilah mengapa bintang tua ini baru bisa ditemukan sekarang. Meski ia berada di galaksi Bima Sakti.

Astorfisikawan Andrew Casey dari Monash Univerisity, mengaku belum pernah menemukan sebuah bintang bermassa rendah, dan terbuat dari materi logam yang sangat sedikit seperti bintang ini.

Sehingga bintang ini diklaim sebagi bintang yang paling pertama di alam semesta. Penemuan ini juga memberikan pandangan baru bagi para astronom, mengenai formasi bintang di awal-awal usia alam semesta.

Sebelum penemuan ini, para astronom sempat meyakini bahwa bintang pertama di alam semesta itu bentuknya besar, dan menduga mereka tak bisa bertahan hidup hingga hari ini. Penemuan ini membuat perubahan pada keyakinan tersebut.

By Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close