HealthHow To

Temu Kunci Menyimpan Banyak Khasiat, Ini Informasi Selengkapnya

PalingBaru- Mungkin kamu tidak asing lagi dengan rempah dapur yang namanya ‘temu kunci’. Memang,  setiap daerah memiliki sebutan yang berbeda pada rempah satu ini.

Ada yang menyebutnya hanya ‘kunci; ada juga yang ‘temu kunci’ dan lain sebagainya. Namun bukan itu yang akan kita bahas. Melainkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita lho, apa aja ? Cek di bawah ini.

  1. Mencegah gigi berlubang

Ada beberapa bakteri yang hidup alami dimulut diantaranya adalah Streptococcus mutans dan Lactobacillus. Namun jika berlebihan. Kedua bakteri tersebut bisa membuat gigi berlubang. Dan temu kunci memiliki kandungan senyawa aktif yang bisa melawan racun dari bakteri tersebut. caranya gunakan campuran temu kunci dengan pasta gigi ataupun sebagai obat kumur.

  1. Mengatasi gangguan pencernaan

Temu kunci mengandung pinostrobin sehingga membantu melindungi kesehatan lambung dan usus. Sehingga apabila kamu mengalami gangguan pencernaan, ada baiknya untuk mengkonsumsi temu kunci.

  1. Mencegah maag

Apabila kamu mengalami sakit perut seusai makan, bisa diakibatkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori. Malahan, apabila bakteri ini berkembang berkelanjutan maka akan menakibatkan penyakit kronis seperti kanker usus besar. Nah, dengan mengkonsumsi temu kunci akan mencegah penyakit tersebut sebelum kamu terinfeksi.

  1. Menyembuhkan Panas Dalam

‘Panas dalam dapat menyebabkan penyakit seperti sariawan, sakit tenggorokan, hingga bibir pecah-pecah. Nah, kandungan yang berada pada temu kunci juga dipercaya mengobati panas dalam.

  1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Temu Kunci juga bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh serta menambah stamina. Didalam temu kunci terdapat zat saponin yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh. Caranya cukup dengan rutin mengkonsumsi ekstrak temu kunci.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close