ComputerTechnology

Temuan Terbaru : BCI Bantu Penderita Kelumpuhan Dalam Gunakan Gawai

Palingbaru – Sahabat Pibi, ada kabar gembira bagi para penderita paralisis atau kelumpuhan. Baru-baru ini para peneliti menemukan cara untuk memudahkan penderita kelumpuhan dalam menggunakan gawai.

BrainGate melakukan penelitian agar para penderita kelumpuhan dapat menggunakan gadget melalui perangkat yang disebut brain-computer interface (BCI).

BCI dibekali sensor yang bisa mendeteksi aktivitas saraf. Sehingga orang yang memakai alat ini hanya perlu memikirkan tentang pemindahan kursor dan klik.

Sinyal saraf dari BCI telah dikirimkan melalui Bluetooth yang dirancang layaknya mouse wireless. Mouse virtual itu kemudian dipasangkan ke tablet Google Nexus 9.

Pada uji cobanya, alat ini berhasil medeteksi perintah yang dipikirkan informan. Aktivitas yang bisa dilakukan informan dengan BCI ini di antaranya menggunakan surel, chat, streaming musik dan menggunakan aplikasi sharing video.

Selain itu, informan juga bisa berselancar di situs internet, mengecek cuaca, dan belanja online. Ada juga peserta uji coba yang memainkan penggalan lagu Beethoven “Ode to Joy” menggunakan piano digital.

Penelitian ini merupakan gabungan dari banyak ilmuwan, insinyur, dan dokter. Masing-masing dari Carney Institute for Brain Science Brown University, Providence Veterans Affairs Medical Center (PVAMC), Massachusetts General Hospital (MGH), dan Stanford University.

Para peserta uji coba mengaku puas menggunakan alat ini. Salah seorang dari mereka mengaku BCI membuatnya merasa lebih natural dalam menggunakan mouse.

By Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close