PiBi yang merasa menjalani pola hidup sehat, yakin tidurmu sudah cukup?

Ternyata, kebiasaan tidur dan kebiasaan makanmu bisa menentukan apakah tidurmu sudah cukup atau belum lho, PiBi. Karena, dilansir dari INSIDER, lamanya waktu tidur bisa berbeda untuk tiap-tiap individu sesuai kebutuhan tubuh kita.

Lamanya waktu tidur yang kita butuhkan juga ditentukan oleh usia kita dan kondisi tubuh. Misalnya, wanita yang sedang hamil, atau orang tua, atau orang yang sedang menjalani pengobatan tentu membutuhkan lama waktu tidur yang berbeda dengan orang pada umumnya yang usianya sama.

Jadi, bagaimana ya cara kita mengetahui apakah lama waktu tidur kita ini sudah cukup atau belum?

Palingbaru.com punya beberapa pertanyaan yang perlu kamu jawab nih. Kalau kebanyakan kamu menjawab ‘tidak’, berarti jam tidurmu sudah cukup. Tapi jika kebanyakan dari pertanyaan itu kamu jawab dengan ‘iya’, berarti jam tidurmu masih kurang banget nih, PiBi.

Apakah kamu bisa langsung tidur ketika kamu membaringkan tubuh di kasur?

Tidur adalah sebuah proses, PiBi. Kalau kamu bisa langsung terlelap setelah sekian detik membaringkan tubuh di tempat tidur, berarti memang waktu tidurmu selama ini belum cukup. Seharusnya, seseorang baru bisa terlelap setelah sekitar 15-25 menit berbaring.

Apakah kamu harus mematikan alarm mu berkali-kali?

Biasanya, seseorang yang tidurnya cukup akan bisa terbangun dengan sendirinya tanpa alarm ketika tubuhnya merasa bahwa tidurnya telah cukup. Tapi jika kamu harus membutuhkan alarm untuk bangun, apalagi jika sampai menunda alarm kamu berkali-kali, wah itu bisa berarti bahwa kamu kekurangan tidur, PiBi.

Apakah kamu tidur saat akhir pekan?

Tidur saat akhir pekan juga menjadi salah satu tanda bahwa kamu kekurangan jam tidur nih, PiBi. padahal, bangun siang di akhir pekan tidak akan bisa menutupi kekurangan tidurmu. Kita harus tetap tidur pada jam yang sama setiap malam dan bangun di jam yang sama setiap pagi agar tidak kekurangan jam tidur.

Apakah kamu minum kopi lebih dari satu gelas setiap hari?

Minum kopi memang bukan hal yang buruk. Tapi jika kamu minum kafein lebih dari dua gelas setiap hari, maka kamu akan menjadi lebih lemas.

Apakah kamu sering ingin makan fast food?

Kurang tidur berkorelasi dengan keinginan untuk sering makan fast food. Karena, ketika kita kurang tidur, tubuh kita menghasilkan adrenalin dan hormone stress, kortisol. Makan makanan fast food akan memicu serotonin yang bisa menekan kortisol.

Jadi bagaimana hasilnya? Apakah kamu kurang tidur, PiBi?

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar