HealthNews & Information

Ternyata Anak Akan Lebih Sehat dengan Tidur yang Cukup

Palingbaru – Sebagaimana Sahabat Pibi ketahui, kebanyakan anak-anak kepinginnya main terus. Sampai lupa makan dan tidur. Memang dunia anak kecil adalah bermain, tetapi pada titik tertentu, bermain tidak menjadi segalanya.

Ini karena anak pun butuh istirahat. Dari  situlah ia bisa tumbuh dengan sehat, baik fisik maupun batin. Sebagaimana dikutip dari Medicalxpress, tidur yang teratur akan membuat anak-anak usia 10 tahun seimbang berat badannya.

Pernyataan ini berdasarkan penelitian terbaru, yang melibatkan sekitar 2.200 anak di 20 kota Amerika Serikat. Satu per tiga dari jumlah tersebut konsisten, waktu tidur yang cocok untuk usia 5 dan 9 tahun sesuai dengan pola tidur ibu mereka.

Berbeda dengan kelompok di atas, anak-anak yang tidak punya waktu tidur yang rutin pada usia 9 tahun, didapati kurang tidur dan mereka memiliki indeks berat badan yang lebih berat.

Praktik parenting ini jika dilakukan sejak masa kecil anak dapat mempengaruhi kesehatan fisik pada usia remajanya.

Demikian kata Orfeu Buxton, penulis riset ini, bahwa peningkatan rutinitas yang bagus di masa kecil sangat penting untuk kesehatan anak di jangka panjang.

Buxton yang juga direktur lembaga Sleep, Health, and Society Collaboratory itu berpikir bahwa tidur berpengaruh pada kesehatan fisik, mental, dan kemampuan anak dalam belajar.

Temuan penelitian ini menyoroti pentingnya orang tua dalam mengetahui waktu tidur si anak.

Waktu tidur itu didukung oleh beberapa faktor. Di antaranya adalah jam berapa anak mesti siap berangkat ke sekolah, berapa lama ia berada di sekolah.

Itulah kenapa memberikan kerangka waktu pada anak sangatlah penting, gunanya untuk medapatkan durasi tidur pada anak secara layak.

Demikianlah, waktu tidur pada anak mesti dirancang untum memberinya durasi tidur yang proporsional .

by Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close