I Like ItTau Gak Sih?

Ternyata Ini Penyebab Ikan Memiliki Bau Amis

Palingbaru- Sahabat Pibi, kamu suka makan ikan nggak?

Ikan memang salah satu sumber protein terbaik untuk tubuh. Tapi taukah kamu mengapa ikan memiliki bau yang cenderung amis? Padahal ikan menyimpan gizi yang sangat penting bagi tubuh. Kira-kira apa ya alasannya? Cek ulasannya di bawah ini.

Ikan berbau amis dikarenakan di dalam tubuh ikan terdapat bakteri yang mengeluarkan zat amino volatile. Ketika terkenda udara zat tersebut menghasilkan bau amis pada tubuh ikan. Sehingga ketika ikan semakin lama terkena udara maka semakin banyak juga zat amino terbang yang dihasilkan. Oleh karena itu zat amino biasa dikenal juga dengan zat amino terbang.

Karena bisa terbang di udara, maka tak heran zat tersebut bisa sampai ke hidung kita. Sehingga bau amis pun tercium oleh hidung kita. Namun jangan salah, karena bau amis tersebutlah kita bisa mengetahui kesegaran ikan. Ketika ikan yang maish segar atau baru diambil dari air, maka baunya tidak akan terlalu amis.

Nah buat kamu yang bingung caranya untuk menghilangkan amis ikan, kamu bisa mengambil jeruk nipis sebagai penangkal bau amis tersebut. Caranya dengan melumurkan air jeruk nipis ke badan ikan. Ketika air jeruk nipis dilumurkan, zat amino terbang akan berubah menjadi garam amino. Sehingga bau amis pun tidak akan tercium lagi oleh hidung kita.

by Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close