HealthNews & Information

Ternyata, Kesepian Berpengaruh Pada Kesehatan

Sahabat Pibi, pernah nggak sih kamu merasakan kesepian?

Kesepian itu bukan hanya ketika kamu merasa sendirian saja lho. Namun, kesepian bisa terjadi ketika kamu malah menghindari kehidupan sosial seperti menghindar berkumpul dengan kawan.

Padahal, kesepian bisa menjadi pemicu masalah serius lho. Lebih tepatnya berbahaya bagi kesehatanmu. Kok bisa yah?

Ilustrasi

Seperti yang diungkapkan oleh neuroscientist University of Chicago, Stephanie Cacioppo. Rasa sepi bisa dirasakan oleh siapapun, bahkan orang yang sudah menikah sekalipun.

Berdasarkan penelitian, setengah dari 20 ribu responden mengatakan sering kali merasakan kesepian. Dari data tersebut menyebutkan bahwa kesepian juga mempengaruhi kesehatan, yakni berdampak buruk bagi jantung.

Ketika seseorang merasa kesepian, maka muncul beberapa pikiran negatif. Karena munculnya perasaan tersebut maka secara tidak langsung orang tersebut akan mengalami depresi.

Ilustrasi

Oh ya, selain itu kesepian juga bisa muncul karena penggunaan media sosial yang berlebihan. Dalam American Journal of Preventive Medicine menyebutkan, seseorang yang menghabiskan lebih dari dua jam di media sosial dalam sehari akan merasa kesepian dua kali lebih banyak dibanding mereka yang menghabiskan waktu kurang dari 30 menit di sosial media.

Jadi sahabat pibi, mulai sekarang jangan suka menyendiri ya. Memang ada baiknya memiliki waktu sendiri, namun apabila kamu sudah mulai merasakan kesepian sebaiknya mulai bertemu dan berkumpul bersama teman atau keluarga ya agar tidak mendapatkan dampak negatif dari kesepian.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close