Waktu kecil dulu, kita sering dapat nasehat supaya tidak pilih-pilih teman. Masih ingat kan, PiBi?

Tapi ternyata, pilih-pilih teman itu cukup diperlukan jika kamu ingin sukses lho, PiBi.

Kalau begitu, bagaimana ya cara memilih teman yang baik?

Berdasarkan beberapa penelitian dan observasi bertahun-tahun oleh psikolog, jika kamu ingin sukses maka kamu harus mengelilingi diri kamu dengan orang yang tepat. Yaitu, orang-orang yang cara berpikirnya hampir mirip dengan kamu. Atau, setidaknya sebagian besar dari mereka harus mendukung cara berpikir kamu untuk maju.

Kenapa begitu?

Setiap individu manusia memiliki cara bereaksi yang berbeda terhadap komentar orang lain padanya. Namun, sebagian besar individu akan terpengaruh dengan komentar atau pendapat orang lain.

Jika orang di sekeliling kita sangat mengapresiasi usaha dan cara berpikir kita, maka kita juga akan cenderung lebih percaya diri. Sebaliknya, jika teman-teman kita sering meremehkan kita, maka kita juga akan lebih tidak percaya diri.

Nah, bayangkan saja jika itu terjadi kepada seseorang yang memiliki keinginan untuk membangun usaha.

Dilansir dari Inc Asia, otak manusia cenderung aktif mengubah apa yang kita pikirkan untuk menyeimbangkan diri dengan teman-teman di sekeliling kita.

Otak kita akan bereaksi jika berada di tengah orang yang tidak yakin atau tidak setuju dengan ide kita. Otak akan mengubah cara berpikir untuk mengisi kekosongan agar teman-teman kita akhirnya bisa setuju dengan ide kita.

Otomatis dong, ide kreatif kita memiliki kemungkinan untuk tidak tersalurkan karena terpaksa diubah demi bisa fit in dengan komunitas di sekitar kita.

Tentu, hal ini berbahaya jika kamu memiliki otak yang brilian, inovatif, dan kreatif, serta penuh dengan ide wirausaha yang hebat, PiBi.

Maka dari itu memilih-milih teman ternyata cukup penting bagi kita yang ingin sukses.

Kelilingilah diri kamu dengan orang-orang yang berpikiran positif, optimis, enerjik, dan orang-orang yang memang ingin sukses. Maka mereka akan sepenuhnya mendukung kamu yang juga berambisi untuk sukses.

Jangan sampai nih, isi otak kamu yang brilian itu jadi tidak berguna hanya karena kamu dikelilingi oleh orang-orang yang pesimis dan selalu meremehkan orang lain.

Jadi, pilihlah teman dengan bijak. Karena, teman-teman di sekeliling kita bisa mengubah cara berpikir kita, hingga bisa mengubah diri kita.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar