News & InformationScience

Ternyata Konsumsi Daging Tidak Menyumbang Banyak Pada Perubahan Iklim

Palingbaru – Sebagaimana sahabat Pibi tau, sekarang isu perubahan iklim udah sering banget kita dengar. Terus, banyak ilmuwan yang berusaha untuk mencari penyebabnya.

Salah satu sebab yang populer di sebagian telinga masyarakat akhir-akhir ini adalah soal konsumsi daging. Artinya, konsumsi daging dianggap sebagai penyebab dari perubahan iklim, bahkan diklaim sebagai penyumbang pengaruh terbesar setelah kendaraan.

Namun, seorang peneliti bernama Frank M. Mitloehner sebagaimana dikutip dari Science Alert, mengatakan bahwa klaim itu salah. Ia mengklaim bahwa konsumsi daging bukan penyumbang terbesar dalam perubahan iklim.

Sumber: Science Alert

Menurutnya, klaim itu datang setelah penelitian yang dilakukan oleh organisasi agrikultir PBB, Food and Agriculture Organization (FAO).

Penelitian yang dipublikasikan pada 2006 itu menyatakan bahwa aktivitas peternakan (termasuk konsumsi daging), telah menyumbang 18 persen gas rumah kaca.

Lembaga itu membuat kesimpulan yang mencengangkan bahwa peternakan itu lebih membahayakan iklim ketimbang seluruh gabungan moda transportasi.

Namun, ternyata penelitian ini akhirnya diklaim telah keliru dan telah dikoreksi oleh Henning Steinfeld sebagai penulis senior.

Sumber: Rimma

Kekeliruan yang dilakukan oleh FAO itu terletak pada pendekatan yang digunakannya. Lembaga itu melakukan pengukuran dengan tahapan yang sagat luas dalam meneliti dampak peternakan pada iklim tersebut. Namun, metode itu tidak dilakukan saat menganalisis dampak transportasi.

Saat menganalisis peternakan, FAO mempertikan tiap faktor yang berkaitan dengan tahapan produksi daging. Hal itu meliputi produksi pupuk, mengubah tanah dari hutan menjadi padang rumput, pertumbuhan makanan, dan emisi langsung dari hewan-hewan misalnya dari fesesnya.

Namun, pada saat memperhatikan transportasi, mereka tidak menyoroti dari hulu ke hilirnya dari keberadaan kendaran-kendaraan.

by Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close