HealthNews & Information

Ternyata PR Berdampak Buruk Bagi Murid, Ini Alasannya  

Palingbaru – Hai sahabat Pibi, masih ingat gak, kira-kira apa yang kamu pikirin pas gurumu bilang, besok kita ada PR, yah..!”Apakah waktu itu, kamu ngerasa PR merebut waktu bermainmu ? Atau kamu bahagia saja menerimanya ?

Orang-orang yang setuju dengan PR, umumnya berpendapat, PR berguna sebagai latihan sebelum menghadapi ujian, membantu murid melatih diri dalam mengatur waktu, bertanggung jawab, dan belajar berorganisasi.

Tapi ternyata,…… PR justru berdampak buruk bagi murid. Journal of Educational Psychology mengungkapkan murid-murid SMP, yang diberi PR dengan durasi penyelesaian 90-100 menit, justru membuat nilai matematika dan sains mereka anjlok.

Penelitian ini diperkuat study oleh Stanford University yang mengungkapkan, PR yang membutuhkan penyelesaian satu sampai dengan dua jam dalam semalam, membuat waktu murid tidak produktif.

Baca Juga : Peringatan !!! Kelamaan Menggunakan Gawai Berdampak pada Kesehatan Mental Anak

Dari sisi psikologi, murid dengan beban PR malah membuatnya kesulitan untuk mengerjakan PR dan tanggung jawabnya yang lain sekaligus di luar jam sekolah, seperti hasil pengamatan psikolog Raychelle Cassada Lohmann, sebagaimana dikutip dari Psychology Today.

Lebih parahnya lagi, The Journal of Experimental Education mengungkapkan para murid SMA yang mendapatkan PR, membuatnya rentan tekena masalah pada kesehatan mental dan fisik yang serius, ditambah lagi dampak pada tingginya stres dan kurang tidur.

Kenyataan yang seperti ini, menurut Raychelle Cassada Lohmann sudah menyimpang dari tujuan PR itu sendiri, yang diatur untuk meningkatkan pembelajaran murid.

Baca Juga : Ingin Tahu Kenapa Ada Orang Sulit Akui Kesalahan ? Ternyata Ini Penyebabnya

Menurut dia, murid bisa mengambil banyak pelajaran tidak hanya lewat PR. Misalnya pelajaran kemampuan mendasar seperti belajar bertanggung jawab, mengatur waktu, berorganisasi, bisa didapatkan murid dari aktivitas ekstrakurikuler.

Nah, Sahabat Pibi, dulu yang tidak suka PR mana suaranya,……

By Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close