HealthInspirationScience

Ternyata Skizofrenia Tidak Menyerang Pengidap Buta Bawaan Lahir

Palingbaru – Pernah denger skizofrenia ga, sahabat Pibi? Yaps, ia adalah nama penyakit dari keadaan mental kronis yang menyebabkan gangguan proses berpikir. Tentu semua orang enggak mau mengidap penyakit begini.

Namun, penyakit kadang datang begitu saja meski kita enggak sadar kalau gaya hidup kitalah yang mengundangnya.

Ngomongin soal skizofrenia, ada penelitian terbaru seperti yang dikabarkan Science Alert, menyatakan bahwa penyakit ini kecil kemungkinannya untuk bisa menyerang orang yang mengidap kebutaan sejak lahir.

Para peneliti menemukan fenomena ini sudah sejak pertengahan abad terakhir, di mana orang yang terlahir buta justru bisa terlindung dari ancaman skizofrenia.

Pada penelitian terbaru, fenomena tersebut makin kuat untuk bisa dipercaya. Dalam hai ini, peneliti menguraikan data 467.945 anak yang lahir di Australia Barat antara 1980 dan 2001.  Dalam sampel tersebut, hanya 0,4 persen anak yang terserang Skizofrenia.

Temuan ini terbilang sangat penting karena ukuran sampelnya yang cukup besar. Dari penelitian ini juga para ilmuwan mendapat informasi bagaimana skizofrenia bekerja.

Namun para ilmuwan memberitahukan publik bahwa bawaan kebuataan ini bukan hanya satu-satunya faktor yang memicu skizofrenia. Menurut mereka ada faktor lainnya seperti usia.

Orang yang terlahir buta bisa memicu peningkatan pada otak secara alami di area tersebut yang biasanya tidak berfungsi dalam kasus penyakit ini.

Penelitian ini menawarkan harapan untuk mencari tanda-tanda awal pada orang yang berpotensi mengidap skizofrenia.

by Abdul Hamid

 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close