I Like ItTau Gak Sih?

Tertawan Cinta, Apa Itu Stockhlom Syndrome?

Palingbaru – Apa PiBi pernah tertawan oleh cinta? Kali ini yang dimaksud adalah tertawan secara harfiah. Stockhlom Syndrome merupakan suatu kondisi psikologis seorang tawanan yang memiliki rasa empati hingga cinta terhadap penawannya.

Diberi nama Stockhlom Syndrome karena kasus ini pertama kali dipublikasikan pada peristiwa perampokan di Stockhlom, Swedia pada bulan Agustus tahun 1973. Pada peristiwa tersebut, terdapat empat pegawai bank yang disandera oleh perampok selama enam hari.

stockhlom-syndrome

Dilansir dari  Britannica, operasi penyelamatan menjadi sulit bagi pihak kepolisian ketika mengetahui bahwa tawanan menolak untuk diselamatkan. Hingga akhirnya Perdana Menteri Swedia kala itu, Olaf Palme, menelpon para tawanan yang masih berada di dalam bank.

Mereka menyatakan percaya sepenuhnya dengan perampok yang menawan mereka dan justru takut mati karena serangan dari kepolisian yang berusaha menyelamatkan mereka.

Keempat pegawai bank tersebut akhirnya berhasil diselamatkan dengan bantuan psikolog meski tetap berakhir dengan keempat pegawai yang rela bersaksi di pengadilan bahwa perampok tersebut tidak bersalah.

stockhlom-syndrome (2)

Berdasarkan penelitian para ahli psikologi, Stockholm Syndrome merupakan upaya bertahan hidup yang gagal. Karena merasa terancam nyawanya jika tidak mengikuti perintah, tawanan pun menjalin hubungan baik dengan penawan dan secara tidak sadar menciptakan interaksi yang tidak sehat.

Korban merasa bahwa penawannya sebetulnya baik, padahal dia baik hanya karena korban tawanan telah berusaha menuruti perintah penawannya.

 

by. Bernadetta Yucki

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close