Buat PiBi yang ingin menguruskan badan, salah satu cara yang paling baik adalah dengan berolahraga.  Karena selain mampu mengikis lemak, olahraga juga membuat tubuhmu sehat juga otak yang lebih fresh. Dan salah satu olahraga yang ampuh adalah renang.

Selain baik untuk kesehatan jantung, renang juga memiliki resiko cedera yang rendah. Namun dari empat gaya renang yang ada, ada satu gaya paling ampuh yang bisa menurunkan berat badanmu. Penasaran? Yuk simak!

Gaya Katak/Gaya Dada

Gaya ini mungkin gaya yang paling umum kita temui. Ketika melakukan gaya ini, otot-otot tubuh bagian atas maupun bawah akan sama aktifnya. Gaya dada atau gaya katak adalah gaya yang membakar lebih sedikit kalori dibanding gaya renang yang lain. Berenang gaya dada selama 10 menit membakar hingga 60 kalori.

Gaya Punggung

Gaya punggung melatih otot-otot inti untuk menahan badan bisa seimbang dan lurus di permukaan air. Gerakan tangan berputar ke belakang dalam gaya ini juga membuat otot bisep bergerak paling dominan.

Tangan harus berputar terus bergantian untuk mendorong air dengan sekuat tenaga, sembari menggerakan kaki. Gerakan kaki gaya punggung melibatkan banyak otot bagian bawah, dari otot pantat, otot paha hingga otot hamstring. Gaya punggung ini dapat membakar 80 kalori dalam 10 menit.

Gaya Bebas

Tangan dan kaki gaya bebas bekerja mirip seperti gaya punggung. Tangan di putar bergantian kanan dan kiri sembari menggerakan kaki untuk bergerak maju. Bedanya, gaya punggung telentang, sedangkan gaya bebas tengkurap.

Selain itu otot inti juga  diperlukan. Semua gaya renang pasti akan melibatkan otot-otot inti ini. Otot inti berperan untuk membuat posisi streamline dan tubuh seimbang di dalam air. Streamline adalah posisi badan, tangan, dan kaki lurus sejajar seperti garis permukaan air. Kalori yang dapat dibakar melalui gaya bebas ini sekitar 100 kalori tiap 10 menitnya.

Gaya Kupu-kupu

Jika PiBi belajar gaya kupu saat dewasa, pasti kamu akan menganggap gaya ini adalah gaya yang paling berat dilakukan. Gaya kupu melibatkan semua otot inti tubuh untuk bergerak melawan air.

Otot lastisimus dorcii adalah otot besar yang datar berada di bagian punggung bagian tengah, ada di sisi kanan maupun kiri. Otot pectoralis, paha depan, paha belakang, serta otot bahu dan pinggul. Semua otot ini akan digunakan bersamaan dalam satu gerakan gaya kupu-kupu.

Banyaknya otot-otot besar yang aktif dalam gerakan gaya kupu, membuat gaya ini memicu kerja jantung dan paru-paru lebih berat untuk mendistribusikan oksigen. Kamu pun akan mendapatkan pembakaran kalori terbanyak dari gerakan ini.

Itu mengapa, gaya kupu-kupu adalah gaya renang paling ampuh menurunkan berat badan. 10 menit saja berenang gaya kupu-kupu bisa membakar hingga 150 kalori. Besar sekali bukan dalam waktu yang hanya sebentar?

Sama halnya kamu makan 1 porsi (100 gr) kentang goreng 312 kalori, dengan gaya kupu-kupu 10 menit kamu mampu membakar setengahnya. Tidak mengherankan dengan melakukan gaya ini dengan rutin, berat badan yang diimpikan cepat tercapai.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar