Siapa sih yang tidak tahu becak? Kendaraan roda tiga ini pernah populer pada masanya PiBi. Akhir-akhir ini keberadaan becak di beberapa kota besar terancam punah. Hal ini karena munculnya transportasi berbasis online yang dirasa lebih tepat dan mengikuti perkembangan jaman. Namun tidak bagi Gubernur Jakarta, Anies Baswedan yang memilih untuk menghadirkan kembali becak di tengah-tengah jalanan kota Jakarta.

Berbagai pro dan kontra juga muncul terkait kebijakan tersebut, namun ternyata becak bukan kendaraan yang hanya populer di Indonesia saja tapi juga di beberapa negara maju loh PiBi. Mereka justru memanfaatkannya sebagai daya tarik pariwisata bahkan dengan harga yang relatif mahal. Negara-negara mana saja sih yang juga memiliki becak? Yuk simak infonya!

  • Jinrikisha

Yups Jinrikisha adalah sebutan becak di negara Jepang. Becak ala Jepang ini ditarik oleh tenaga manusia loh PiBi, bukan dikayuh layaknya di Indonesia. Orang yang menarik Jinrikisha disebut dengan Shafu. Uniknya di dalam Jinrikisha telah disediakan selimut khusus untuk penumpang saat musim dingin tiba. Moda transportasi ini menjadi daya tarik wisata Jepang dan banyak diminanti turis mancanegara.

  • Velotaxi

Taksi yang satu ini sangat ramah lingkungan karena mirip sekali dengan becak. Becak ala Jerman ini menawarkan sensasi berbeda saat berkendara sambil melihat-lihat keindahan Jerman. Tak hanya itu, para sopir Velotaxi adalah orang-orang terpilih yang bisa menjadi pemandu wisata, tahu jalan, dan menjadi corong promosi wisata lokal di Jerman.

  • Cycle Rickshaw atau Pedicab

Masyarakat Inggris mengenal becak dengan sebutan Cycle Rickshaw, ada juga yang menyebutnya dengan Pedicab. Becak di negara ini sudah ada sejak tahun 1998 dan benar-benar dimanfaatkan pemerintah setempat sebagai daya tarik wisata. Jumlah becak di London sendiri juga terus bertambah dari tahun ke tahun.

  • Pedicab

Becak yang berasal dari Amerika dinamai dengan Pedicab. Becak a’la Orlando hanya dapat beroperasi di daerah Internasional Drive. Becak ini seperti sepeda gunung yang diberi sebuah sambungan rangka besi beroda dua dibagian belakang becak. Banyak turis di New York lebih memilih keliling kota menggunakan becak ketimbang menggunakan bus, taksi, bahkan kereta.

  • Yellow Pedicab

Bagi PiBi yang ingin menjelajahi kota Paris lebih dalam, ada moda transportasi yang bisa digunakan, yaitu Yellow Pedicab, yang bentuknya mirip dengan becak. Keberadaan becak ini menjadi daya tarik wisata bagi kota Paris di dukung dengan kenyamanan yang diberikan oleh Yellow Pedicab. Saking populernya transportasi ini, membuat sopir taksi disana merasa tersaingi.

Wah ternyata becak juga populer di negara-negara maju ya PiBi, bahkan dapat menjadi daya tarik wisata bagi turis mancanegara.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar