HealthNews & Information

Tidak Lelapnya Tidur Bisa Jadi Tanda Awal dari Alzheimer

Palingbaru – Hai sahabat Pibi, kamu sering suka merasa tidurmu tidak nyenyak? Hati-hati dengan ini, karena kemungkinan bisa menjadi tanda bahwa kamu mengidap Alzheimer.

Hal ini sesuai dengan penemuan dari para doktor sebagaimana dilansir dari The Independent. Menurut mereka, tanda Alzheimer ini berlaku pada orang-orang di usia tua yang mengalami penurunan dalam kemampuannya untuk tidur nyenyak.

Pada penelitian ini, ditemukan responden yang kurang tidur memiliki jumlah zat tau yang tinggi, zat yang berupa protein abnormal yang ditemukan menggumpal di dalam otak penderita Alzheimer.

Riset sebelumnya memang sudah menemukan hubungan antara tidur yang sedikit dan Alzheimer, soal tidur dengan gelombang otak lambat ini, dianggap sangat penting karena pada waktu gelombang otak yang demikianlah pikiran itu sedang memperkuat ingatan.

Menurut Dr. Brendan Lucey, direktur Washington University Sleep Medicine Centre, intinya adalah bukan berarti jumlah total waktu tidur berkaitan dengan zat yang bernama tau itu, akan tetapi tidur yang tidak nyenyak ini berarti tidur dengan gelombang lambat.

Bahkan, ada orang yang punya peningkatan pada zat tau bisa saja tidur di malam hari dan siangnya lama, tetapi mereka tidak mengalami tidur dengan kualitas yang bagus.

Selain itu, penelitian tersebut telah menampilkan angka 80 persen dari 199 responden tidak punya tanda-tanda penurunan kognitif.

Pengujian penelitian ini menggunakan electroencephalogram dalam memerhatikan aktivitas otak para responden ketika mereka tidur. Kemudian alat itu menghitung kadar zat tau, dan protein abnormal lainnya seperti amyloid beta, yang menggunakan pemindai otak dan ketukan tulang belakang untuk menggambarkan cairan serebrospinal.

by Abdul Hamid

 

 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close