I Like ItTau Gak Sih?

Tidak Peka, Apa Itu Bystander Effect?

Palingbaru – Ketika PiBi melihat sebuah kecelakaan di tempat ramai? Apa yang akan PiBi lakukan? Langsung menolong atau hanya melihati saja sambil merekam untuk di-diposting ke sosial media. Hati-hati PiBi, jangan lumpukan jiwa kemanusiaanmu karena bystander effect.

Apa sih, bystander effect itu? Istilah tersebut memiliki arti dari sebuah fenomena dimana ketika ada orang sedang membutuhkan bantuan di tempat umum, orang akan berpikir pasti akan ada orang lain yang membantu mereka. Dilansir dari Very Well Mind, semakin banyak orang yang berada di sekitar kejadian atau kecelakaan tertentu, akan semakin sedikit orang yang akan tergerak untuk membantu.

Ketika sedang terjadi keadaan darurat, orang akan lebih cepat mengambil tindakan ketika hanya ada sedikit orang. Menjadi bagian dari kumpulan yang besar akan membuat tidak seorang pun merasa memiliki tanggung jawab untuk melakukan tindakan tertentu.

Ada dua faktor yang menyebabkan terjadinya bystander effect dalam keadaan darurat.

Pertama, kehadiran banyak orang menyebabkan difusi tanggung jawab. Karena ada pengamat lainnya, setiiap individu tidak akan merasa tekanan yang besar untuk mengambil tindakan. Bayangkan jika semua orang dalam lokasi kejadian memiliki pikiran yang sama, akhirnya benar-benar tidak ada satu orang pun yang akan mengambil tindakan.

bystander effect 2

Kedua, ketika tidak ada yang melakukan tindakan apa pun dalam situasi darurat, semua orang jadi berpikir bahwa memang seharusnya mereka tidak melakukan tindakan. Misalnya, ada orang bertengkar di keramaian, ketika seharusnya ada orang yang berani melerai, tidak ada satu pun yang berani melerai karena tidak ada satu pun orang dalam keramaian berani melerai. Hal tersebut karena telah tercipta situasi dimana melerai bisa menjadi tindakan yang salah atau tidak penting. Diaman sang “penolong” akan berakhir sial pula.

Oleh karena itu, PiBi harus tetap peka dan memiliki jiwa kemanusiaan dan peduli dengan sesama. Jika PiBi memberanikan diri untuk memulai atau bertindak, pasti akan ada orang lain yang tergerak untuk membantu. Bystander effect tidak akan terjadi jika ada satu orang saja yang memutuskan untuk mengambil tindakan sebelum terlambat.

 

by. Bernadetta Yucki

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close