Uncategorized

Tidur Siang Dapat Membuatmu Semakin Kreatif, Lho! Kok Bisa?

Kamu yang masih sekolah maupun sudah bekerja pasti sering merasa lelah dan kehilangan fokus di siang hari. Kemungkinan besar kamu memang membutuhkan tidur siang yang baik. Tidur siang rupanya mampu menjaga hormon, memperbaiki sel dalam tubuh, bahkan membuat jantungmu berfungsi lebih baik.

Selain itu tidur siang juga membantu membuatmu terlihat lebih muda dan sehat. Dengan tidur siang kamu menyegarkan kembali otakmu sehingga lebih fokus dan memorimu meningkat. Hasilnya, kamu jadi jauh lebih kreatif.

Menurut Profesor Jim Home dari Loughborough University, manusia sebenarnya didesain untuk tidur dua kali sehari: satu di siang hari dan satu tidur panjang di malam hari. Wah! Kamu yang doyan tidur siang pasti langsung senyum sambil manggut-manggut ini. Hehehe..

Jonathan Friedman, M.D., Direktur Texas Brain and Spain Institute, menjelaskan bahwa tidur siang singkat mampu meningkatkan kemampuan kognitif manusia. Riset yang dipimpin Dr Matthew Walker dari University of California, menyebutkan bahwa tidur siang membantu membersihkan ‘tempat penyimpanan memori sementara’ di dalam otak sehingga otak mampu menerima dan menghasilkan informasi baru. Kok bisa?

Dr Walker menjelaskan bahwa hippocampus (sebuah bagian dalam otak) menyimpan memori berbasis fakta. Kemudian, hippocampus mentransfer memori-memori tersebut ke otak bagian depan. Nah, hippocampus itu berfungsi seperti kotak masuk email. Ketika sudah penuh, kamu butuh tidur untuk membersihkannya. Dalam kasus ini, kalau kamu tidak tidur siang, maka otakmu akan penuh dan tidak bisa menerima informasi baru.

Tidur Siang Selama Jam Kerja (sumber: Behind the Hustle)

Hasil studi yang dipimpin Andrei Medvedev, Ph.D., asisten profesor di Georgetown University, mendukung hasil di atas, lho. Saat tidur, otak bagian kananmu distimulasi. Sedangkan bagian kiri tetap diam. Kamu tentu tahu bahwa otak bagian kanan itu diasosiasikan dengan kreativitas. Dengan ruang dalam otak yang mampu menerima dan menghasilkan informasi baru, pastilah kamu jadi lebih kreatif!

Tapi tidur siang yang baik itu ada batas waktunya, guys! Kalau kamu terlalu lama tidur siang, bukannya semakin fokus dan semangat, kamu malah akan merasa semakin lelah. Nah, tidur siang yang baik itu berapa lama sih?

(sumber: Wall Street Journal)

Para peneliti kesehatan menyebut tidur selama 10 hingga 20 menit sebagai power nap. Kalau kamu hanya lelah biasa, tidur sianglah dalam jangka waktu ini. Kalau kamu merasa tidur siang selama 10 hingga 20 menit itu kurang, bisa saja kamu tidur selama setengah jam. Tapi menurut studi, tidur siang selama 30 menit bisa mengakibatkan perasaan grogi selama 30 menit juga sebelum manfaat tidur siang itu terlihat.

Tidur siang selama satu jam baik untuk meningkatkan memori sehingga kamu lebih cepat mengingat informasi, wajah, dan nama. Kekurangan dari tidur siang selama satu jam adalah perasaan grogi setelah bangun.

Sedangkan tidur siang paling panjang itu sebaiknya selama 90 menit. Kamu akan memasuki tahap ringan dan dalam. Artinya, kamu masuk hingga ke alam mimpi. Tidur siang selama 90 menit meningkatkan kemampuan emosional dan kreativitas. Kamu pun juga lebih mudah bangun tanpa perasaan grogi.

Perusahaan multinasional seperti NIKE, BuzzFeed, Facebook dan Google sangat berkomitmen dalam menjaga kesehatan dan kebahagiaan pekerjanya sehingga mereka punya kebijakan tidur siang. Bahkan, mereka menyediakan ruangan untuk tidur siang, lho! Para karyawan NIKE, BuzzFeed, Facebook dan Google kan memang dituntut untuk selalu kreatif, guys. Hehehe.. 

(RF)

Baca Juga: 

Baca Disini: Mengapa Kurma Baik Bagi Kesehatan dan 3 Resep Mengolahnya Untuk Berbuka Puasa

3 Jenis Makanan yang Kita Pikir Sehat Ini Ternyata Buruk Bagi Kesehatan

Cold Press Juice, Jus Buah dan Sayur Segar yang Praktis Dibawa Kemana Saja

Anger Management: Jangan Melakukan Hal-hal Ini Kalau Kamu Sedang Marah

7 Tips Efektif Agar Tidak Mengantuk Saat Sahur

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close