Setiap tahun, majalah TIME mengeluarkan daftar orang-orang paling berpengaruh di dunia atau 100 Most Influential People. Tahun ini pun tentunya tidak ketinggalan. Penasaran nggak, PiBi?

Editor TIME mengatakan daftar TIME 100 ini bukanlah ditentukan oleh kekuasaan yang dimiliki oleh seseorang, tidak juga berapa banyak penghargaan yang mereka miliki. Tetapi lebih kepada menjawab pertanyaan, “Apakah tahun ini tahun mereka?”

TIME juga menerbitkan 6 cover majalah bertema TIME 100 ini dengan menampilkan Jennifer Lopez, Satya Nadella, Tarana Burke, Roger Federer, Nicole Kidman, dan Tiffany Haddish.

TIME 100 terbagi atas 5 kategori, yaitu Pioneers, Artists, Leaders, Icons, dan Titans. Beberapa nama yang akrab di telinga kita pun ada di daftar ini, PiBi. Antara lain ada penyanyi Rihanna, penyanyi Cardi B, aktris Wonder Woman Gal Gadot, aktor Hugh Jackman, penyanyi Shawn Mendes, serta Prince Harry.

Uniknya, di antara daftar tersebut juga terdapat nama yang mungkin dibenci banyak orang nih, PiBi. Yaitu Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Korea Utara Kim Jong Un. Bahkan dalam artikel introductionnya, Hyeonseo Lee sebagai penulisnya mengatakan bahwa Kim Jong Un adalah “the most dangerous person on the planet” alias orang paling berbahaya di muka bumi.

Wih, serem ya.

Calon istri Prince Harry, Meghan Markle juga masuk dalam list bergengsi ini lho, PiBi. Ia bersama setidaknya 45 orang wanita lainnya membuat sejarah karena masuk dalam daftar TIME 100. Persona lain yang membuat sejarah adalah aktris Stranger Things Millie Bobby Brown yang menjadi anggota termuda di usia 14 tahun dan merupakan seorang perempuan.

Keren ya.

TIME 100 ini benar-benar mencakup semua negara di dunia, PiBi. Tidak hanya para individu berpengaruh dari negara adidaya Amerika Serikat atau Inggris, tapi juga dari negara lain. Misalnya Pakistan, India, dan Selandia Baru.

Eitss! Indonesia juga nggak ketinggalan, lho. Di kategori Icons, kita akan menemukan nama Ibu Sinta Nuriyah, istri dari mantan Presiden Abdurrahman Wahid. Beliau terpilih karena menghargai semua orang dengan setara. Meskipun Ibu Sinta Nuriyah adalah aktivis Muslim, namun beliau juga membantu konseling para wanita transgender dan mendukung semua orang secara equal.

Kalau kamu ingin tahu daftar lengkapnya, kunjungi saja situs ini, PiBi.

Semoga kita sama-sama bisa belajar dari TIME 100 Most Influential People ini, ya!

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar