PiBi tahu kan kalau kendaraan listrik saat ini sudah banyak diproduksi? Salah satu pembuat kendaraan listrik itu adalah perusahaan mobil asal Jerman, BMW. BMW pun tidak ragu untuk terus meningkatkan kemampuan dan kinerja kendaraan listriknya. Terutama pada baterai yang menjadi sumber energi kendaraan listrik.

BMW baru saja mengumumkan kerjasamanya dengan Sila Nanotechnologies, Selasa (20/3) lalu. Kerjasama tersebut fokus pada peningkatan kemampuan baterai dalam waktu 5 tahun.

Untuk kendaraan listrik BMW, Sila Nano ingin meningkatkan kemampuan baterai rechargeable lithium-ion. Peningkatan tersebut dilakukan menggunakan silicon untuk menggantikan grafit yang selama ini diaplikasikan.

CEO Sila Nano, Gene Berdichevsky, yakin sekali bahwa teknologi yang mereka buat itu bisa digunakan dengan baik pada kendaraan listrik buatan BMW nih, PiBi.

Menurutnya, Sila Nano tidak hanya sekadar membuat teknologi tapi juga berusaha menerapkannya pada produk yang akan dipasarkan.

Sila Nano akan meningkatkan kapasitas baterai sebesar 20 persen dan akan berdampak pada kecepatan pengisian daya dan ukuran baterai yang bisa dibuat semakin kecil.

Teknologi ini memang tidak mudah untuk dikembangkan. Material yang dibutuhkan juga tentu cukup banyak karena digunakan untuk menggerakkan sebuah mobil. Berbeda lagi kalau hanya untuk skala ponsel yang ukuran dan kebutuhan baterainya lebih kecil. Iya, kan?

Kondisi itu yang pastinya tidak memungkinkan untuk teknologi ini bisa selesai dalam semalam. Oleh karena itu Sila Nano dan BMW menargetkan untuk menerapkan teknologi ini pada kendaraan listrik pada 2023.

Di luar negeri, ternyata sudah cukup banyak lho yang menggunakan kendaraan listrik. Buktinya saja, BMW telah berhasil menjual sebanyak 100.000 kendaraan listrik pada 2017.

Tapi, di Indonesia sepertinya masih sedikit sulit untuk menggunakan kendaraan listrik ya, PiBi. Tahu sendiri kan kondisi jalanan di Indonesia yang sering tergenang air atau mengalami banjir saat musim hujan tiba. Keadaan itu tentu berbahaya bagi baterai kendaraan listrik yang bisa bermasalah ketika bersentuhan dengan air.

Itu berarti kita belum bisa merasakan teknologi ini dong, PiBi.

 

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar