PiBi termasuk orang yang pendiam, tertutup, dan kurang ekspresif? Bagaimana sih tanggapan lingkungan sekitar tentang sifatmu? Pasti kamu pernah mendapat cibiran karena sifatmu yang dianggap kurang periang, bukan?

Parahnya lagi kalau sampai ada teman atau atasanmu yang justru meragukan kemampuanmu, bahkan menilai kalau sosok introvert sepertimu akan susah menggapai kesuksesan. Tapi jangan berkecil hati dulu ya PiBi, karena Palingbaru punya cara agar kamu yang introvert bisa membuktikan kalau kamu juga tak kalah dengan yang lain.

Kenali diri sendiri

Kalau kamu yakin karakter sifatmu adalah introvert jangan dijadikan beban. Mulailah menyadari dan menerima. Sebagai seorang yang introvert tentu saja punya kelebihan, kamu bisa membaca buku atau artikel untuk menemukan jawabannya. Langkah ini bisa membantu untuk menemukan dirimu yang sebenarnya dan bisa memahami orang lain. Dan, jangan tunggu orang lain untuk menerimamu terlebih dulu.

Realistis

Sisi positif dari si introvert adalah memiliki rencana yang matang. Dalam menilai sebuah peristiwa pun tidak sepihak. Dengan kelebihan yang seperti ini, sebenarnya kamu  bisa mengetahui apa bisa kamu tangani dengan baik. Jadi, mulailah untuk berani menolak jika ada sesuatu yang kurang berkenan atau merugikanmu. Tapi, jangan jadikan hal yang seperti ini membuat kamu terlalu lama berada di zona nyaman. Kamu harus bisa membedakan antara ada rasa takut untuk mencoba atau bersikap realistis.

Bersosialisasi dengan ekstrovert

Pada awalnya kamu akan merasa tidak nyaman dengan orang ekstrovert yang blak-blakan. Tapi bukan berarti kalian tidak bisa berteman. Tantangan pertama yang harus kamu hadapi adalah ketika berbincang terasa tidak nyambung. Tapi, jangan putus asa, kamu adalah pengamat yang baik dan bisa menemukan cara yang tepat untuk berbincang dengan mereka. Kamu bisa belajar bagaimana mengekspresikan dan mengungkapkan sesuatu tanpa berlebihan. Jadi mengenal orang baru bukan lagi hal yang menakutkan.

Manfaatkan teknologi

Salah satu sifat introvert yaitu lebih menyukai komunikasi tidak langsung. Selain itu, kamu juga menyimpan banyak sekali cerita dan pemikiran dalam kepala. Kalau sudah seperti ini manfaatkan saja teknologi. Kamu bisa menuangkan hal positif dalam media sosial. Kamu akan lebih merasa bisa mengekspresikan diri sendiri tanpa menguras energi. Tapi, jangan lupa kalau kamu sangat perlu sosialisasi langsung.

Minimalisir rasa malu

Rasa malu telah menjadi bagian dari dirimu. Cobalah bergaul dengan orang banyak membuatmu sedikit terbuka. Tujuannya agar kamu semakin nyaman di lingkungan sosial, kantor, hingga sekolah. Jangan juga malu untuk menunjukkan keahlianmu kepada orang lain. Jika mereka menaruh respek, maka apresiasi yang kamu dapatkan. Namun jika mereka memberikan kritik, tangkaplah sebagai sesuatu yang positif. Rasa malu yang berlebihan ada baiknya kamu kikis.

So PiBi, apa pun karakter yang kamu punya pasti ada kelebihan di dalamnya. Belajarlah sedikit demi sedikit untuk keluar dari zona nyaman untuk meraih sukses!

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar