How ToWorking

Tips Mengatur Keuangan Agar Tidak Bangkrut di Akhir Bulan

Palingbaru – PiBi mungkin suka mengambur-hamburkan uang setelah gajian. Mulai dari memuaskan diri dengan memesan makan siang yang enak dan mahal, hingga membeli barang baru yang menambah tanggungan credit PiBi setiap bulannya.

Apa PiBi sering merasa kehabisan uang padahal masih satu minggu pertama setelah gajian? Mungkin PiBi mulai harus memperhatikan manajemen keuangan pribadi. Ingat bahwa kesenangan yang bersifat sementara hanya akan membuat PiBi menyesal karena uang terbuang percuma.

Berikut beberapa tips untuk mengatur keuangan agar tidak bangkrut di akhir bulan.

  1. Utamakan Tagihan dan Pengeluaran Penting Lainnya

tips mengatur gaji 1

Sebagai orang yang sudah bekerja, PiBi harus lebih dewasa dan paham prioritas keuangan. Jangan pernah menunda pembayaran tagihan atau tanggungan penting terlebih dahulu. Setelah gajian, lakukan penarikan untuk melunasi berbagai tagihan terlebih dahulu. Mulai dari biaya kos, tagihan internet, hingga tagihan kredit barang tertentu.

  1. Alokasikan Uang untuk Kebutuhan Harian

tips mengatur gaji 3

Eits, setelah, melunasi semua tagihan PiBi masih memiliki tugas untuk mengalokasikan uang prioritas kedua, yaitu kebutuhan harian. Alokasikan uang untuk biaya transport, pulsa untuk paket internet, hingga pengeluaran untuk makan siang. Dengan begini PiBi tidak akan panik kehabisan uang untuk kebutuhan esensial setiap akhir bulan.

  1. Batasi Kredit Barang

tips mengatur gaji 2

Agar keuangan PiBi selalu balance setiap bulannya, batasi kredit barang setiap bulannya. Misalnya PiBi sedang kredit smartphone terbaru, usahakan selesai kredit tersebut sebelum membuka kredit yang baru. Mungkin PiBi ingin segera memfasilitasi diri dengan berbagai barang mewah, namun sma halnya dengan meniti karir, meningkatkan harta kepemilikan juga harus bertahap.

  1. Jangan Lupa Menabung

tips mengatur gaji 4

Tak usah dalam nominal yang besar, usahakan untuk menyisakan uang pada rekening bank PiBi setiap bulannya. Menabung kan membuat pekerjaan anda terasa lebih berarti dan menghasilkan sesuatu di masa depan.

Itu tadi berbagai tips mengatur keuangan agar tidak bangkrut tiap akhir bulan. Bersenang-senang dengan uang gajian memang wajar, namun jangan lupakan prioritas terlebih dahulu, ya, PiBi!

 

by. Bernadetta Yucki

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close