AppsHow To

Tips Update Aplikasi Medsos, Yay or Nay

Pernah mengalami aplikasi di ponselmu tiba-tiba berjalan lambat ? Coba cek di playstore. Biasanya hal tersebut terjadi karena aplikasi perlu diupdate. Beberapa aplikasi yang mengalami gangguan akses karena perlu diupdate diantaranya, Whatsapp, Instagram, Twitter, Facebook. Aplikasi versi ringan seperti Facebook Lite juga memerlukan pembaharuan ketika tiba-tiba tidak bisa dibuka.

Pembaharuan aplikasi diikuti beberapa perubahan fiturnya. Untuk mengetahui apa saja fitur baru tersebut bisa dilihat saat akan melakukan update di playstore.

Contoh aplikasi Whatsapp, pada updating di bulan Oktober ini ada perubahan untuk pengaturan group. Admin group bisa mengatur hanya admin yang bisa mengirim pesan. Anggota grup hanya bisa membaca pesan. Apabila ada pesan yang ingin direspon oleh anggota, maka anggota bisa membalas pesan admin dan masuk obrolan pribadi. Jadi di grup tidak ramai seperti bila pengaturannya semua anggota yang bisa mengirim pesan di grup.

Aplikasi ini juga menyiapkan fitur baru ‘Vacation Mode’ Fitur ini bisa dipilih apabila pengguna mengubah settingan ke ‘Vacation mode’ yang artinya selama Vacation Mode pengguna tidak akan menerima pesan.

Urusan update mengupdate kadang bikin ribet juga sih.. Apalagi bila kapasitas memori ponsel mulai penuh. Kadang harus menghapus aplikasi atau file lainnya dulu agar bisa update. Sebaliknya bila tidak diupdate maka kita tidak bisa menggunakan aplikasi tersebut dengan baik.

Jadi.. tetep harus update donk? Begitulah.. Makanya siapkan selalu ruang memori ponselmu agar bisa mengupdate aplikasi setiap saat. Berikut ini tips agar memori ponselmu tidak penuh :

Pertama, pindahkan file foto dan video ke PC atau flashdisk secara berkala bila memang file-file tersebut

Kedua, pilih foto atau video yang berkualitas bagus dan hapus saja yang kualitasnya jelek dan memang sudah tidak terpakai.

Ketiga, bersihkan cache secara berkala. Ponsel berbasis android biasanya cukup besar cachenya.

Ke-empat, unistall saja aplikasi yang jarang banget dipakai. Terutama aplikasi yang butuh ruang penyimpanan besar.

Kelima, selektif bergabung di grup Whatsapp karena bila grup yang diikuti aktif, cache dan chat recorder backup nya juga lumayan besar.

Nah.. dengan cara-cara tersebut, urusan update aplikasi medsos gak lagi bikin bete. Always Yay deh pokoknya…

By Diane Suryaman

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close