Uncategorized

Toyota dan DEKA Research and Development Luncurkan Kursi Roda Canggih, Naik-Turun Tangga Jadi Lebih Mudah!

Toyota baru saja melakukan kerjasama dengan pencipta kursi roda Segway, Dean Kamen, dan perusahaannya, DEKA Research and Development. Mereka menghadirkan sebuah solusi bagi para penyandang cacat agar lebih mudah dalam beraktivitas.

Kursi roda Toyota dan DEKA didesain khusus untuk para veteran perang Amerika yang mengalami kelumpuhan fisik. Kursi roda ini diberi nama iBot. iBot adalah kursi roda bermotor yang didukung oleh dua set roda yang memungkinkan penggunanya dapat berjalan naik dan turun tangga. Selama ini, naik dan turun tangga merupakan hambatan terbesar bagi penyandang cacat fisik.

Kursi Roda Canggih iBot (sumber: States Chronicle)

Tidak hanya itu, iBot juga mampu membuat penggunanya setara dengan orang yang sedang berdiri, dengan kata lain kursi roda tersebut dapat ditinggikan hingga sekitar 1,8 meter! Super canggih! Sebelumnya, iBot sudah pernah diproduksi. Tetapi karena pembuatan kursi roda canggih ini memakan banyak biaya sehingga harga jual menjadi tinggi, maka iBot tidak begitu laku dipasaran.

Kegunaan iBot (sumber: Mind Fully)

Banyak perubahan dan pengembangan yang dilakukan oleh Toyota dan DEKA pada kursi roda iBot ini. Selain bisa naik-turun tangga dan ditinggikan, iBot terbaru ini juga mampu berjalan di segala medan, baik di jalan mulus maupun yang penuh bebatuan, bahkan berlubang sekalipun, tanpa perlu khawatir akan terjatuh.

Di jalanan miring pun pengguna tidak perlu takut karena posisi duduk akan tetap vertikal dan jalanan menanjak posisi duduk akan tetap tegak. Hal ini dikarenakan iBot memiliki dua set roda yang mampu menopang penggunanya untuk dapat bergerak secara dinamis sesuai dengan keadaan medan.

iBot, Kursi Roda Pintar Pertama di Dunia (sumber: Msu)

Berkat kecanggihannya, iBot digadang-gadang menjadi kursi roda revolusioner. Rencananya kursi roda ini akan digunakan di fasilitas-fasilitas rehabilitasi medis bagi para penyandang cacat. Sayangnya, pihak Toyota belum mau mengungkapkan kapan iBot akan dijual untuk umum. Persoalan harga pun masih menjadi rahasia Toyota dan DEKA.

Tetapi kamu jangan pesimis dulu. Toyota dan DEKA berjanji nantinya iBot pasti akan diperjual-belikan secara luas sebab tujuan utama dari pembuatan kursi roda iBot ini adalah menjadi solusi mobilitas untuk semua orang yang membutuhkan. Mereka ingin membantu orang-orang berkebutuhan khusus agar menjalani hidup lebih baik lagi dan melanjutkan pekerjaan mereka.

Sebelum kamu lihat langsung produk iBot ini, tonton dulu video iBot berikut, ya!

(TN/RF/ST/FM)

Baca Juga: 

Kasur Canggih Paling Baru “Smarttress from Dumet”,Bakal Ketahuan Selingkuh Atau Tidak

Calling all Travellers! Gunakan Sidik Jarimu Sekarang Juga Untuk Koper Pintar, Pluggage

Movpak, Ransel Pintar yang Bisa Berubah Menjadi Skateboard Untuk Mobilitas Kamu Sehari-hari

Keren! ”Cross” Dompet Kulit Yang Dilengkapi GPS dan Bluetooth, Mau??

Blackfin Camper Box, Cara Baru Menikmati Alam Bebas Diatas Atap Mobilmu!

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close