EventNews & Information

Tujuh Orang Indonesia Ikuti Pertemuan Relawan Google Maps Tingkat Dunia

Local Guides Connect Live 2018 Event Terbesar Komunitas Relawan Google Maps

Saat kita bepergian sering kan pake petunjuk Google Maps ? Untuk mengetahui lokasi atau ulasan suatu tempat, Google Maps pastilah jadi rujukannya. Ulasan tentang suatu tempat dan penambahan tempat di Google Maps bisa dilakukan siapa saja secara suka rela.

Nah.. Local Guides adalah komunitas orang-orang yang aktif berkontribusi di Google Maps. Setiap tahun Google mengundang ratusan Local Guides dari berbagai negara. Semua biaya perjalanan termasuk akomodasi dan transportasi ditanggung oleh Google.

Delegasi Indonesia di Local Guides Connect Live 2018, Foto by BudionoSukses partisipan

Tahun ini Google mengundang sekitar 155 orang, 7 diantaranya dari Indonesia. Tahun sebelumnya juga ada 6 orang. Selama kurang lebih 3 hari acara inti mulai 16-19 Oktober 2018 para Local Guides sedunia bersilaturahmi. Acara berlangsung di Hyatt Centric Fisherman’s Wharf San Francisco California dan Google HQ di Mountain View.

Untuk bisa diundang Google, ada beberapa persyaratan. Selain aktif di Google Maps dan mencapai level minimal 5, para Local Guides harus aktif juga di forum LocalGuidesConnect.com. Ada juga syarat mengunggah video profil di YouTube berdurasi sekitar 1 menit saja.

Baca Juga : Wah Google Maps Bakal Adopsi Fitur Waze! Bisa Kasih Info Kecelakaan Loh, Seperti Apa Ya?

Google biasanya akan memilih kontributor yang benar-benar aktiv selama 1 tahun terakhir. Selain itu kontributor yang unik juga pasti diincar oleh Google. Contohnya ada Local Guides yang berfokus pada penambahan dan ulasan klinik 24 jam. Ada juga yang berfokus pada tempat-tempat makan yang menyediakan menu non gluten. Unik kan..

Berkontribusi di Google sifatnya sukarela. Tapi tidak jarang Google bekerjasama dengan pihak lain memberikan hadiah untuk semua Local Guides berupa voucher hotel, voucher belanja online, dll. Nilainya berbeda-beda untuk masing-masing level.

Mau diundang jadi tamu istimewanya Google juga ? Coba deh aktif di Google Maps dari sekarang.. Jadilah Local Guides yang unik.

By Diane Suryaman

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close