News & InformationScience

Tumbuhan Ini Bisa Bersihkan Polusi Udara Dibantu dengan DNA Kelinci

Palingbaru – Hai sahabat Pibi, kamu pasti udah ngerasa gerah sama semua polusi udara yang ada sekarang, khususnya di kota-kota. Ngomongin soal polusi, kamu pasti inget sama peran pohon yang bisa menyerap karbon.

Nah, berdasarkan penelitian terbaru sebagaimana dikutip dari The Independent, ada tumbuhan yang mampu menekan angka polusi udara yang dibantu sama DNA kelinci.

Maksudnya, gen tanaman rumahan itu dimodifikasi dengan DNA hewan tersebut. Caranya dengan menyuntikkannya ke dalam tubuh tumbuhan tersebut.

Peneliti memasukkan DNA ke beberapa tumbuhan rumahan yang biasa dipajang di sekitar rumah. Berkat penyuntikan DNA itu, mereka berhasil memberi kekuatan lebih pada tanaman tersebut dalam menyaring racun udara yang ada di sekitar rumah.

Para peneliti memilih rumah karena di sana sering terjadi penumpukan polutan yang berasal dari aktivitas keseharian seperti asap rokok dan furnitur. Polutan rumahan ini disebut juga volatile organic compounds.

Umumnya zat tersebut tidak diklaim sebagai polutan yang berbahaya. Padahal, beberapa zat yang termasuk dalam polutan itu punya hubungan dengan penyebab kanker.

Oleh karenanya, penelitian ini dimaksudkan untuk memanfaatkan kekuatan teknik genetika dan kemampuan mamalia dalam membasmi zat berbahata yang ada di udara sekitar rumah.

Alhasil, zat tersebut akhirnya bisa mengubah unsur polutan bensol dan khloroform ke daman zat yang tidak berbahaya.

Bahan pembasmi polutan udara ini bernama 2E1, ialah protein yang berada di semua mamalia termasuk manusia.

by Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close