MedsosNews & InformationSocial MediaTechnology

Twitter Beri Sanksi Tegas Untuk Kicauan yang Ngaco

Sering enggak sih kita menemukan konten tweet yang ngawur saat kalian membuka twitter. Isinya seperti menyinggung persoalan sara, atau menghujat dan sejenisnya. Kadang kita yang membacanya pun ikut geram.

Nah kali ini, Twitter akan memberikan sanksi pada akun yang menulis kicauan ngaco. Caranya, twitter akan menandainya sebagai kicauan yang bermasalah. Sehingga pemilik aku harus menghapusnya, kalau tidak dihapus maka akun tidak dapat digunakan. “Kami mensyaratkan pemilik akun yang bermasalah untuk menghapusnya sebelum mereka dapat tweet lagi,” tulis twitter dalam akun resminya.

Contoh akun yang ditandai twitter sehingga tidak dapat digunakan sampai pemilik akun menghapusnya.

Tidak hanya sampai disitu, setiap kicauan yang diberi tanda, maka pemilik akun tetap akan memiliki tanda tersebut walaupun pemilik akun sudah menghapusnya. Tanda itu akan tetap menempel pada wall pemilik akun selama 14 hari atau dua minggu.

Contoh notifikasi twitter bahwa laporan sudah ditindak lanjuti

Kebijakan ini dilakukan, karena selama ini pengguna akun tidak selalu jelas apakah mereka sudah menghapus konten mereka atau tidak, walaupun sudah diperingatkan oleh twitter. “Mulai saat ini kami memasukkan tanda peringatan untuk memudahkan pemantauan bahwa kami sudah sudah menegakkan aturan. ”

Peraturan ini berlaku sejak twitter mengeluarkan pengumuman hari rabu lalu (17/10). Tentu saja, kebijakan ini dijalankan untuk memberikan kenyamanan dalam menggunakan twitter.

Pengumuman ini tentu saja sangat penting bagi pengguna twitter di Indonesia, mengingat negara kita adalah tercatat sebagai pengguna twitter terbesar ke empat di dunia.

Tahun 2014 kemenkominfo mencatat sedikitnya ada 19,5 juta warga net Indonesia secara aktif menggunakan akun twitter. Sayangnya, sebagian akun diantaranya digunakan untuk menyebarkan hoax dan menyebarkan ujaran kebencian.

Tentu saja, Twitter membutuhkan peran serta netizen dengan melaporkan akun yang ngaco agar bisa ditindak.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close