Terobosan teknologi yang bernama Smile To Pay,  diluncurkan perdana oleh salah satu cabang makanan cepat saji KFC di China. Bekerjasama dengan Alipay, toko waralaba modern tersebut meluncurkan sebuah opsi pembayaran terbaru terhadap pelanggan yaitu dengan senyuman.

Cara bayar yang dinilai unik tersebut mengharuskan pelanggan mengakses sebuah panel komputer layar sentuh untuk memesan makanan. Setelah pesanan dikonfirmasi, pelanggan pun cukup membayar tagihan makanan tersebut dengan senyuman. Cukup unik bukan.

Sejauh ini, program tersebut baru diterapkan oleh KFC di kota Hangzhou, China. Adalah Ant Financial, yang merupakan anak perusahaan alibaba, berada dibalik uji coba teknologi dari layanan tersebut.

Teknologi yang dinamakan Smile To Pay tersebut akan melakukan pemindaian wajah dengan kamera 3D dan algoritma deteksi live-ness dengan waktu satu hingga dua detik. Pemindaian wajah tersebut untuk memeriksa identitas pengguna yang akan digunakan untuk proses pembayaran.

Selain itu, pengguna juga wajib memasukan nomor ponsel mereka untuk mencegah penipuan. Teknologi Smile To Pay ini sendiri sudah mulai diperkenalkan sejak 2015 silam oleh Jack Ma, pendiri Alibaba.

Teknologi ini sendiri masih dalam tahap pengembangan dan ujicoba oleh Ant Financial. Khawatir akan bahaya manipulasi identitas orang lain, pihak pengembang berfokus untuk mencegah tindakan spoofing biometrik dengan cara menghubungkan barisan algoritme canggih dengan kamera 3D.

Algoritma yang canggih ini mampu mendeteksi bayangan dan fitur lainnya untuk menguji apakah orang yang berdiri di depan kamera sebenarnya adalah orang asli, bukan foto maupun video wajah yang sengaja digunakan untuk mengelabui sistem pembayaran.

KFC yang menawarkan sistem pembayaran berbasis pemindaian wajah ini adalah K pro, dimana sistem ini menjual salad, jus dan paninis. K Pro ini diperkenalkan pada bulan Juli sebagai cara untuk menarik perhatian pelanggan berusia muda yang mencari pilihan makanan yang lebih sehat.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak video dibawah ini. Video ini menjelaskan bagaimana cara membayar pesanan makanan oleh seorang wanita. Wanita muda tersebut menggunakan sistem pembayaran dengan berbagai penampilan berbeda – dengan make up minimal, make-up berat, dan bermacam-macam wig. Mesin itu ditunjukkan untuk secara akurat mengenali fitur wajahnya setiap kali melakukan pembayaran.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar