CulinariesI Like It

Uniknya Chef Kuliner Molekular Gastronomi

PalingBaru- Trend usaha kuliner sekarang sih sudah beragam ya.. mulai bermacam-macam jenis kue, sampai lauk pauk yang jadi hits. Nah ada juga usaha kuliner yang antimainstream.

Salah satunya yang dilakoni Andrian Ishak, dengan brand usahanya Namaaz Kitchen, yang menerapkan kaidah gastronomi molekuler.

Gastronomi molekuler sendiri  adalah cabang ilmu yang mempelajari transformasi fisiokimiawi dari bahan pangan selama proses memasak dan fenomena sensori saat dikonsumsi.

Nahh..jadi menu-menu yang disajikan meskipun namanya sangat Indonesia, penyajiannya sangat berbeda.

Andrian yang tampil bersama Ruben Onsu di ajang Innocreativation Surabaya ini mencontohkan beberapa menu di restonya. Salah satu slide menunjukkan sebuah piring berisi benda mirip batu-batu kecil.

Nama menu tersebut Udang Sambal Roa. Diantara tumpukan batu itu, ada yang asli makanan ada yang asli batu.Itulah hasil olahan berdasarkan kaidah gastronomi molekuler,  makanan bisa diolah dan dibentuk menyerupai batu.

Contoh lainnya adalah menu seperti daging mentah yang disantap dengan cara menutup hidung untuk mencoba mengenali bahan makanan tersebut. Dan ternyata…. makanan itu adalah semangka yang dikeluarkan airnya lalu ditambahkan lagi dengan kadar tertentu. Menurut Andrian proses pengolahan makanan tersebut memakan waktu sampai 19 jam.

Dalam sesi dialog yang dimoderatori Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf, Andrian juga memastikan untuk bisa menikmati menu-menu gastronomi molekuler di restonya harus booking setidaknya 3 bulan sebelumnya. Harga yang dipatok rata-rata diatas 1 juta setiap menunya.

Andrian yang tadinya berprofesi sebagai pemain musik ini juga menjelaskan beberapa menu yang bisa dinikmati sambil diiringi musik atau wewangian tertentu yang dapat mempengaruhi rasa makanannya. Sehingga tidak hanya indera perasa saja yang bekerja. Kamu jadi penasaran pengen coba gak sih ?

By Diane Suryaman

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close