BolaNews & InformationPiala AFFSport

Untuk Lolos ke Semifinal Piala AFF 2018, Indonesia Butuh Keajaiban

PalingBaru- Peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2018 kini bak mendaki gunung terjal di tengah badai. Sangat berat.

Kekalahan 2-4 dari Thailand pada laga ketiga penyisihan Grup B, Sabtu (17/11/2018) lalu, membuat Indonesia (3 poin) kini ada di peringkat 4 di bawah Thailand (6 poin), Filipina (6 poin) dan Singapura (3 poin) yang menang head to head menyusul kemenangan 1-0 atas Indonesia di laga pertama. Padahal, hanya dua tim peringkat teratas yang akan lolos ke semifinal.

Memang, peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke semifinal belum tertutup. Indonesia masih bisa lolos bila menang saat menjamu Filipina di laga terakhir pada 25 November nanti. Namun, kemenangan bisa jadi belum cukup. Bahkan, sebelum tampil, nasib Indonesia boleh jadi sudah jelas.

Sebab, Indonesia kini tidak bisa menentukan nasibnya sendiri. Indonesia bergantung dari hasil pertandingan tim lainnya. Pendek kata, Indonesia butuh pelukan keajaiban bila ingin lolos ke semifinal.

Bagaimana Indonesia bisa lolos ?

Nasib Timnas Indonesia kini berada di tangan Thailand dan Filipina untuk bisa lolos ke semifinal. Sebab, jika Filipina yang menjamu Thailand pada 21 November besok bisa mendapatkan poin (imbang), maka Indonesia dipastikan tersingkir. Di pertandingan lainnya, Singapura bersua Timor Leste di National Stadium, Singapura. Dan, di laga terakhir, Thailand akan menghadapi Singapura.

Nah, bila ‘skenario berbagai poin’ itu terjadi, Thailand dan Filipina akan sama-sama mendulang tujuh poin. Artinya, poin Thailand dan Filipina sudah tidak akan terkejar oleh Indonesia. Sebab, bila bisa menang atas Filipina di pertandingan terakhir, poin maksimal Indonesia hanyalah 6 poin.

Tetapi, Indonesia bakal lolos jika Filipina dan Singapura kalah dari Thailand. Syarat lainnya, Indonesia membungkam Filipina di Stadion Gelora Bung Karno, dan Singapura bermain imbang kontra Timor Leste.

Dengan skenario itu, Tim Garuda akan melenggang sebagai runner-up mendampingi Thailand yang keluar sebagai juara grup. Namun, hal tersebut sepertinya akan sangat sulit terjadi. Sebab, Filipina yang butuh satu poin, tentunya akan mati-matian di dua laga terakhir. Begitu juga Singapura yang unggul head to head atas Indonesia, tentunya akan memburu kemenangan atas Timor Leste. Jadi, bagaimana prediksi kalian, mampukah Timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2018 ?

By Hadi Santoso

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close