Ketika sedang berselancar di dunia maya, kita sering terganggu dengan adanya audio yang tiba-tiba berbunyi dari tab browser kita. Kejadian seperti itu banyak terjadi terutama ketika kita menggunakan browser dari Google, yaitu Google Chrome.

Benar, nggak?

Hal itu jadi semakin mengesalkan terutama saat kita sedang membuka banyak sekali tab dalam waktu bersamaan dan kita tidak tahu suara itu muncul dari mana. Sehingga, kita harus memeriksa satu persatu tab untuk memastikan tab mana yang harus kita mute atau bahkan kita tutup secara paksa.

Annoying banget kan? Duh, padahal kita cuma pengen berinternet dengan tenang!

Nah sekarang kita sudah bisa berselancar di dunia maya dengan tenang nih, PiBi. Pasalnya, Google baru saja mengupdate Google Chrome dengan fitur yang kita inginkan selama ini.

Yap! Tentu saja fitur itu adalah mematikan suara dari video yang terputar secara otomatis dari tab baru yang kita buka. Fitur itu akan ada pada versi Google Chrome terbaru yaitu Google Chrome 66 yang akan diluncurkan hari ini (19/4). Fitur ini tidak hanya tersedia di Google Chrome versi komputer tapi juga Google Chrome versi aplikasi smartphone.

Dengan update ini, kita tidak harus mematikan suara secara manual setelah lelah mencari tab mana yang mengeluarkan bunyi dari video. Google Chrome sendiri yang akan memblokir video agar tidak terputar secara otomatis dan memunculkan suara annoying yang tidak kita inginkan.

Tapi, video yang tidak memiliki suara akan tetap terputar nih, PiBi. Wah, cerdas ya update terbaru ini.

Pengecualian akan terjadi pada situs-situs yang kita favoritkan di Chrome. Misal, kita sering menonton video dari Youtube atau telah memfavoritkan laman tersebut, maka video dari Youtube akan tetap terputar secara otomatis. Jika kamu tidak mau video itu terputar, kamu harus menyetopnya secara manual.

Update ini juga ada di aplikasi mobile dengan pengecualian yang sama.

Yah, paling tidak kita tidak perlu mematikan semua suara secara manual kan?

Good job, Google! *balik browsing pakai Google Chrome*

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar