HealthNews & Information

Ups! Kamu Harus Tahu Nih Bahaya Kafein untuk Tubuh

Para pekerja keras yang bekerja hingga larut malam dan kembali ke kantor pada pagi hari, atau kamu yang sibuk kuliah dan kegiatan kampus hingga tidak sempat tidur, pasti pernah menggantungkan diri pada kopi untuk tetap segar di pagi hari. Tapi, kamu tahu nggak sih bahaya kafein untuk tubuh kamu?

Banyak dari kita yang bahkan meminum kopi setiap kali terasa ngantuk atau lesu. Padahal, kafein dalam kopi adalah stimulan yang bisa berbahaya jika terlalu banyak dikonsumsi tubuh.

Dalam sehari, seharusnya kita hanya boleh mengonsumsi kafein sebanyak maksimal 400 miligram atau 4 cangkir kopi. Lalu, apa saja sih bahaya kafein jika terlalu banyak dikonsumsi?

Sulit tidur

2_39.jpgBerdasarkan riset kesehatan, kafein memiliki efek untuk menunda jam biologis seseorang selama 1 jam. Efek tersebut baru muncul setidaknya 8-9 jam setelah seseorang meminum kopi. Yang berarti, jika kamu meminum kopi di pagi atau siang hari, maka kamu akan mengalami sulit tidur di malam hari. Hal itu disebabkan jam biologis kamu yang biasanya mengatur waktu istirahat di jam tertentu akan mengalami penundaan selama 1 jam atau bahkan lebih, tergantung banyaknya kafein yang kamu konsumsi.

Jantung berdebar lebih cepat

4_30.jpg

Mengonsumsi kafein yang merupakan stimulan energi akan menaikkan debar jantungmu menjadi 135-170 detak per menit. Semakin banyak kamu mengonsumsi kafein, kamu akan semakin merasakan debar jantungmu yang tidak karuan cepatnya. Bahayanya, kondisi ini bisa mengarah pada penyakit stroke atau serangan jantung.

Dehidrasi

Efek kafein yang bisa menyebabkan dehidrasi ini sebenarnya dikarenakan kafein akan membuat kamu lebih sering kencing. Sehingga, kamu akan semakin mudah kekurangan cairan dan mengalami dehidrasi. Jangan lupa untuk meminum air mineral dengan cukup atau kurangilah konsumsi kafeinmu setiap hari.

Kram otot

Kafein juga dapat menyebabkan tegangan yang tidak diduga pada serat otot tubuh kamu. Akibatnya kamu bisa mengalami kram otot secara mendadak.

Kecanduan

Efek stimulasi dari pengonsumsian kafein adalah kamu bisa mengalami kecanduan. Ketika sudah kecanduan, maka kamu akan semakin menggantungkan diri pada kopi. Alhasil, semua risiko dan bahaya yang sudah disebutkan di atas akan semakin mudah kamu alami.

Nah, PiBi, mengonsumsi kopi sebenarnya tidak berbahaya. Namun, kita harus pintar dalam mengatur jumlah yang kita konsumsi setiap hari, ya.

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close