Siapa sih yang tidak mengenal Boeing? Tentu nama ini sudah tidak asing di telinga kamu kan PiBi. Perusahaan dirgantara yang terletak di Amerika Serikat ini sedang mengembangkan inovasi pesawat tempur terbaru. Boeing baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka sedang mengembangkan teknologi pesawat hipersonik canggih yang diberi nama Valkyrie II. Proyek pesawat tempur terbaru milik Boeing tersebut untuk pertama kali dikenalkan pada publik di American Institute of Aeronautics and Astronautics SciTech, Orlando, Florida.

Bicara tentang pesawat tempur, Valkyrie II di klaim akan memiliki kemampuan tempur diatas rata-rata dan mampu melakukan serangan udara serta mampu melakukan misi pengintaian. Boeing juga tengah menyiapkan konsep khusus untuk mega proyek ini, salah satunya adalah Valkyrie II akan memiliki aplikasi militer yang ditargetkan untuk kemampuan intelijen, surveillance dan reconnaissance, atau ISR.

Bukan hanya itu PiBi, desain kerangka pesawat juga sangat direncanakan dengan matang. Kabar terbaru mengatakan bahwa desain sementara berupa ekor kembar dan sayap jet delta yang disebut “waverider”. Desain tersebut memungkinkan Valkyrie II menggunakan gelombang kejutnya sendiri untuk meningkatkan daya angkat dan mengurangi hambatannya. Teknologi waverider ini nantinya diharapkan dapat menembus udara lebih cepat daripada peluru yang ditembakkan dari pistol. Tidak sampai disitu, ternyata pesawat Valkyrie II juga akan menggunakan gabungan siklus mesin dan ramjet ganda atau scramjet untuk mempercepat kecepatannya lebih dari Mach 3 dan melompat ke kecepatan hipersonik

Nah, meski masih dalam tahap pengembangan, pesawat Valkyrie II digadang-gadang menjadi pesawat tempur tercepat karena mampu mengelilingi dunia hanya dalam kurun waktu satu hingga tiga jam. Wah benar-benar pesawat super canggih yang hebat banget kan PiBi. Mega proyek pengembangan pesawat tempur hipersonik ini sudah ditetapkan akan berjalan dalam kurun waktu 10 hingga 20 tahun ke depan. Membutuhkan waktu yang cukup lama, karena konsep yang dibuat oleh Boeing merupakan konsep pesawat tempur yang belum pernah ada sebelumnya. Penasaran kan PiBi, yuk kita nantikan bagaimana wujud nyata dari pesawat super canggih milik Boeing ini.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar