PiBi sudah melihat art di Google Doodle hari ini?

Kalau sudah, pasti penasaran kan siapa wanita yang menjadi subyek Google Doodle itu? Terlihat seorang wanita memegang clipboard dan dikelilingi gambar ombak di lautan. Hmm..kira-kira siapa ya beliau.

Ia adalah Katsuko Saruhashi, ahli geokimia dari Jepang yang menjadi wanita pertama peraih gelar doktor di bidang Kimia pada 1957. Gelar itu Katsuko dapatkan dari University of Tokyo.

Lalu, apa sih yang sudah dilakukan Katsuko hingga menjadi Google Doodle hari ini?

Katsuko yang lahir pada 22 Maret 1920 itu berhasil meneliti efek yang ditimbulkan oleh nuklir untuk air. Penelitian itu diawali karena kekhawatiran pemerintah Jepang mengenai Amerika Serikat yang melakukan percobaan senjata nuklir di dalam laut.

Pemerintah Jepang mengutus Laboratorium Geokimia untuk mengetahui apakah senjata nuklir itu akan berdampak bagi air dan lautan. Sebagai salah satu anggota laboratorium, Katsuko menemukan bahwa polusi yang dihasilkan oleh nuklir membutuhkan waktu lama untuk mencapai dasar lautan.

Namun, lama-kelamaan polusi tersebut akan menyebar dan bercampur dengan air, kemudian mampu bergerak ke bagian dunia lain. Wah, mengerikan juga ya, PiBi.

Penemuan tersebut berpengaruh besar bagi kehidupan makhluk hidup di laut, lho. Katsuko membantu berkontribusi untuk menghentikan percobaan senjata nuklir di dalam laut setelah penelitiannya berhasil. Apalagi karena penelitian tersebut adalah yang pertama kali dilakukan di dunia.

Katsuko memutuskan untuk pensiun pada 1980 dan mendapatkan 5 juta yen dari para rekan kerjanya. Ia menggunakan uang tersebut untuk membangun Association for the Bright Future of Women Scientists. Asosiasi tersebut member penghargaan pada ilmuwan wanita Jepang secara rutin setiap tahunnya.

Telah banyak penghargaan yang diraih oleh Katsuko hingga ia meninggal dunia pada 29 September 2007.

Hari ini, adalah ulang tahun ke 98 Katsuko jika saja ilmuwan tersebut masih hidup. Selain itu, hari ini juga bertepatan dengan Hari Air Sedunia. Penelitian Katsuko di perairan tentu menjadi salah satu kontribusi besar yang patut diingat selalu.

Selamat ulang tahun, Katsuko. Semoga kontribusi penelitian yang beliau lakukan selalu bisa bermanfaat dan menjadi tauladan untuk PiBi semua.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar