LifestyleNews & InformationScience

Warga Swedia Pasang Microchip Untuk Memudahkan Pembayaran  

Palingbaru- Warga Swedia kini mulai berbondong-bondong memasang microchip dalam tubuhnya. Sedikitnya ada empat ribu warganya memasang microchip yang dipasang dalam tangan mereka.

Alasan pemasangan microchip ini adalah untuk memudahkan kehidupan sehari-hari, mulai belanja hingga membeli tiket kereta api. Idenya, setiap orang yang bertransaksi biasanya menggunakan uang atau menggunakan kartu. Semua itu digantikan oleh microchip.

Foto,bentuk microchip yang dipasangkan pada warga swedia

Microchip ini diproduksi oleh Biohax International, produsen microchip terbesar di Swedia. Ukuran microchip, cukup kecil walau masih bisa dipegang tangan. Disini semua data dan informasi pengguna microchip ditanam, mulai  kontak, profil media sosial, hingga tiket kereta dan pertunjukan konser di Swedia.

Untuk memasang microchip, seseorang harus menjalani operasi ringan. Menggunakan jarum suntik untuk memasukan microchip pada bagian tangan. Untuk biaya pemasangan ditarik ongkos sebesar 180 dolar AS atau sekitar 2,7 juta rupiah.

Foto, proses pemasangan microchip

Bahkan ada beberpa perusahaan di Swedia memberikan fasilitas tersebut secara gratis kepada karyawannya, untuk memudahkan scan masuk gedung kantor, hingga membayar makanan di kantin.

Sebenarnya, teknologi ini sudah diterapkan oleh Swedia sejak tahun 2015 lalu, sebagai alat pemindai untuk metode pembayaran. Misalnya, memudahkan penumpang membayar perjalanan, penumpang cukup duduk saja ketika petugas memindai tangan, lalu microchip tersebut otomatis membayar tiket kereta.

Namun, tidak semua orang setuju dengan terobosan baru ini. Salah satu peneliti asal Inggris, Ben Libberton mengatakan pemasangan microchip ini akan memudahkan orang lain meretas data pribadi. Selain itu ada kekawatiran timbulnya infeksi dari pemasangan microchip.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close