WhatsApp merupakan sebuah aplikasi perpesanan instan yang paling populer saat ini. Tidak tanggung-tanggung, total penggunanya hingga akhir 2017 mencapai 1.3 miliar! Jumlah tersebut tentunya menjadi bukti bahwa perubahan serta pergeseran industri saat ini sudah mulai meramban ke dunia digital. Nah, semakin maju perkembangan digital, maka secara otomatis semakin banyak pula kejahatan online yang terjadi.

Bicara mengenai kejahatan online, baru-baru ini ahli cybersecurity Kaspersky Lab menemukan Skygofree, yakni alat spyware yang cukup jahat. Sebelumnya kamu harus tahu dulu apa itu spyware. Jadi, spyware adalah istilah teknologi yang berarti perangkat pengintai. Spyware sendiri mengacu pada salah satu bentuk program berbahaya yang menerobos masuk ke dalam sebuah sistem guna mencuri data ataupun merusak sistem tersebut. Maka dari itu, spyware dikatakan sebagai alat berbahaya yang harus diwaspadai oleh setiap pengguna teknologi digital.

Kembali ke Skygofree, dikabarkan kalau virus ini menyerang perangkat Android dengan kemampuan menyelinap yang lihai. Jadi, pesan maupun data apapun yang tersimpan di WhatsApp bisa dibaca langsung oleh virus yang sangat berbahaya ini, PiBi. Kabar lain mengatakan kalau proses kerjanya juga melalui microfon ponsel sehingga bisa merekam apapun yang dikatakan oleh pengguna ponsel tersebut.

Sangking berbahaya, tim Kaspersky mengatakan kalau virus ini merupakan virus terkuat yang pernah ada selama ini. Jika dibiarkan dalam waktu lama, maka Skygofree bisa memiliki kemampuan luar biasa untuk mengeksploitasi serta mendapatkan hak akses istimewa ke setiap jaringan pada gadget serta provider. Cukup berbahaya kan, PiBi?

Untuk mengantisipasi dari ancaman virus tersebut, Kaspersky memperingatkan kepada seluruh pengguna WhatsApp agar tidak membuka ataupun menginstall link mencurigakan yang didapat dari sumber tak dikenal. Karena dari aplikasi mencurigakan tersebutlah virus ini menyusup dan mulai menyerang sistem pada ponsel kamu. Selain itu, usahakan secara rutin untuk melakukan reset data pada WhatsApp agar tidak menyimpan file corrupt maupun file sampah yang bisa membahayakan.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar