Kebiasaan duduk terlalu lama di kantor terkadang tak bisa dihindari. Apalagi jika sudah berhadapan dengan pekerjaan atau rapat dengan klien dan staff berjam-jam. Karenanya tak heran jika banyak tempat jual furniture kantor di kota-kota besar, seperti tempat jual kursi kantor Jakarta yang merancang kursi kantor sedemikian rupa untuk memberikan rasa nyaman bagi karyawan agar tidak mudah lelah.

Namun tahukah Anda jika duduk terlalu lama di tempat kerja ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan? Apa saja dampaknya?

1.    Gangguan Jantung

Duduk terlalu lama ternyata mengganggu kerja jantung. Otot menjadi lemah dan tidak memiliki kemampuan untuk membakar kalori dan lemak, metabolisme tubuh pun menjadi lambat.

Jika kondisi ini dibiarkan terus menerus, maka pembuluh darah dapat tersumbat oleh lemak yang menumpuk dan mengganggu kerja jantung. Bahayanya bisa terjadi serangan jantung mendadak.

2.    Gangguan Kaki

Duduk lama ternyata bisa menyebabkan gangguan kaki seperti varises dan kesemutan akibat peredaran darah yang tidak lancar. Bahkan pada beberapa kasus, terjadi gangguan kaki ketika berjalan karena otot kaki terlanjur lemah.

Untuk itu, selain sering bergerak atau berjalan setiap satu jam duduk, disarankan untuk memilih kursi kantor yang bisa disetel agar kaki tidak menggantung. Anda bisa mencari kursi kantor dari berbagai merk terkenal, berkualitas tinggi dengan harga terjangkau di OscarFurnitureStore, pusat furniture termurah dan terlengkap di Jakarta.

3.    Diabetes

Duduk terlalu lama bisa menyebabkan penurunan kerja pada pankreas. Akibatnya insulin yang dihasilkan pun lebih sedikit. Padahal insulin dibutuhkan untuk memproses gula yang masuk ke dalam tubuh. Itulah mengapa, jika Anda duduk terlalu lama selama lebih dari satu jam setiap hari, memiliki resiko lebih besar terkena penyakit diabetes.

4.    Otot Tubuh Kaku Dan Pegal

Selanjutnya akibat duduk terlalu lama di tempat kerja adalah otot tubuh menjadi kaku dan pegal. Kemungkinan besar karena posisi duduk kita yang tidak ada variasi gerakan sehingga darah tidak dapat mengalir lancar.

Untuk mengatasinya, selain disarankan melakukan peregangan otot setiap satu jam duduk, Anda juga bisa memilih kursi kantor di tempat jual furniture kantor langganan atau di tempat jual kursi kantor Jakarta, dengan tinggi rendah dan sandaran yang bisa disesuaikan.

5.    Fungsi Otak Menurun

Jika Anda berpikir bahwa dengan duduk lama maka fungsi otak lebih maksimal, maka Anda keliru. Duduk terlalu lama ternyata memiliki korelasi dengan menurunnya fungsi otak. Hal ini disebabkan otak tidak mendapatkan asupan oksigen yang memadai. Jika kondisi ini dibiarkan, maka otak Anda semakin menurun fungsinya dan Anda lebih cepat depresi.

Itu dia beberapa bahaya jika Anda duduk terlalu lama di kantor. Membeli kursi kantor yang nyaman di tempat langganan atau di tempat jual kursi kantor Jakarta, bagi Anda yang berdomisili di Jakarta memang diperlukan. Namun jangan sampai kenyamanannya membuat Anda lupa berdiri.

Bergeraklah setiap satu jam duduk, agar terhindar dari penggumpalan darah dan gangguan penyakit yang mengancam jiwa. Semoga bermanfaat!

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar