Bicara mengenai perkembangan Negara di dunia, mungkin China adalah salah satu Negara yang perkembangannya cukup pesat ya, PiBi? Dari segi ekonomi maupun teknologi, China selalu menjadi pemula serta inspirasi bagi Negara-Negara lainnya. Seperti halnya waktu lalu, Negeri Tirai Bambu ini sudah mencanangkan jaringan 5G pertama di dunia dalam sejarah komunikasi internet.

Yap, ternyata prestasi yang bisa dicapai tidak hanya sampai situ loh, PiBi. Kamu harus tahu, baru-baru ini China kembali menghebohkan dunia atas diresmikannya proyek teknologi jalan raya bertenaga surya pertama di dunia. Jalan raya tersebut memiliki jarak sekitar 2 kilometer yang terletak di Provinsi Shandong. Setelah memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit, akhirnya jalan bertenaga panel surya ini sudah bisa digunakan.

Apa sih kelebihannya? Nah, pertama kamu harus tahu dulu, kalau jalan raya panel surya sangat berbeda dengan jalan raya pada umumnya. Pada jalan raya bertenaga surya ini terdiri dari tiga lapis yang mempunyai peranan serta fungsi masing-masing. Lapis paling bawah merupakan isolasi yang mencegah kelembapan agar tidak sampai ke fotovoltaik di lapisan tengah. Lalu pada lapisan atas sendiri merupakan pelindung inti yang tercipta dari bahan keras seperti beton transparan dan sebagainya.

Yang membuat menarik, lapisan tengah pada fotovoltaik bisa menghasilkan listrik loh, PiBi. Jadi, lapisan fotovoltaik ini bisa berpotensi mengecas secara stabil saat mobil berhenti. Tapi fungsi tersebut hanya bisa digunakan pada jalan berpanel surya seperti ini. Dilansir dari Sputniknews, tahapan uji coba jalan raya ini berlangsung cukup sukses. Dalam tes kelayakan tersebut, pihak pengelola menguji minibus yang dijalankan dengan kecepatan 100km/jam.

Dari hasil uji coba tersebut, beberapa pihak mengaku sangat puas dengan hasilnya loh, PiBi. Salah satu komentar baik datang dari Zhang Hongchao, seorang ahli transportasi Universitas Tongji mengatakan kalau lapisan fotovoltaik dari proyek ini sangatlah stabil dan nyaris sempurna. Selain itu, sang pengemudi dalam uji coba tersebut juga mengatakan kalau jarak pengereman pada jalan raya panel surya itu cukup identik dengan permukaan aspal konvensional.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar