AnimalNews & Information

Laporan WWF, Populasi Hewan Turun 60 % Dalam 40 Tahun Terakhir

PalingBaru- Sahabat Pibi, tahukah kamu saat ini populasi hewan vetebrata menurun hingga 60 persen selama 40 tahun terakhir ini.

Hewan veterbrata adalah hewan bertulang belakang seperti mamalia, amfibi, reptil, ikan dan burung. Hal ini dilaporkan oleh World Wide Fund for Nature (WWF). Penurunan ini terjadi dari rentang tahun 1970 hingga 2014.

Photo by Andrew Rice on Unsplash

Dalam laporan Living Planet WWF 2018 yang disampaikan oleh WWF mencatat hilangnya habitat hewan karena eksploitasi berlebihan seperti pemburuan satwa liar yang terus menerus. Perubahan iklim, polusi, dan spesies invasif merupakan ancaman utama hilangnya hutan dan keanekaragaman hayati.

 

Photo by Harshil Gudka on Unsplash

WWF melaporkan aktivitas penebangan hutan, alih fungsi menjadi perkebunan sawit di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia, juga menjadi penyebab hilangnya habitat besar hewan yang hidup didalamnya.

Dalam laporan Living Planet menyebutkan, 20 persen populasi hewan di Amazon berkurang dalam 50 tahun terakhir. Disusul dengan hilangnya 50 persen karang air dangkal.

Photo by conservationaction.co.za

Untuk mengatasi masalah ini, WWF kini berkerja sama dengan pemerintah, bisnis, serta komunitas untuk mengurangi emisi karbon, mencegah hilangnya habitat, dan memajukan kebijakan untuk memerangi perubahan iklim. Tampaknya, memang dibutuhkan solusi untuk penyelamatan lingkungan dan hewan untuk kelangsungan hidup kedepan.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close