Pernah nggak sih ketika kamu lagi nonton Youtube trus adik kamu ikutan nonton? Padahal tontonan kita nggak cocok untuk anak seusia mereka.

Nah, untuk mengatasi anak-anak tidak sengaja menonton video yang tidak sesuai dengan usia mereka, Youtube kabarnya akan segera meluncurkan aplikasi khusus anak. Aplikasi Youtube Kids ini akan berisi konten-konten yang aman untuk adik-adik kita nih, PiBi.

Video-video yang masuk dalam Youtube Kids juga akan dipilih oleh beberapa orang yang merupakan tim kurator video. Setelah disetujui oleh tim kurator, video baru bisa diunggah di aplikasi Youtube Kids.

Kita tentu nggak mau kan adik-adik kita sejak kecil sudah menonton video kekerasan, video hoax, maupun video yang tidak layak mereka tonton? Sedangkan, saat ini anak-anak sudah pintar sekali dalam mengoperasikan gadget dan kita atau orangtua kita juga tidak bisa kan mengawasi mengawasi mereka 24/7.

Di website utamanya, Youtube juga terus berusaha untuk mencegah adanya konten yang tidak sesuai peraturan mereka. Misalnya youtuber Logan Paul yang sudah menghadapi 90 hari suspension karena kelakuan buruknya pada vlog travelling yang ia unggah tidak sesuai dengan peraturan Youtube.

Youtube juga menangani banyak sekali usaha, khususnya untuk mencegah adanya konten eksploitasi anak. Selain itu juga menghapus adanya advertising pada video, pengguna yang memasukkan usia palsu ketika mendaftarkan diri, dan masih banyak lagi.

Untuk melawan informasi yang salah, website penyedia video ini kabarnya tengah mengajukan kerjasama dengan Wikipedia untuk membantu mengecek fakta video, terutama terkait teori konspirasi. Namun belum ada tanggapan dari Wikipedia terkait hal ini.

Nah, meskipun sudah ada kabar tentang Youtube Kids, namun belum ada info kapan aplikasi ini akan diluncurkan. Rumornya, aplikasi ini sudah siap rilis di April 2018. Tapi kabar lain juga mengatakan bahwa Youtube Kids masih membutuhkan banyak pembaruan sistem.

Kalau sudah ada Youtube Kids, kita tentu nggak khawatir lagi kalau adik kita lagi nonton video. Tapi, kita sebagai kakak juga harus bisa membatasi hobi mereka itu, PiBi. Karena lebih baik anak-anak diajak bermain di luar daripada hanya bermain dengan gadget.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar