Kalau PiBi memperhatikan, akhir-akhir ini media tengah ramai oleh kasus narkoba. Dan lagi-lagi para penggunanya kebanyakan adalah kaum remaja. Alasannya cukup klasik, karena generasi ini mudah penasaran dan suka tantangan. Tapi kamu pasti tahu dong bagaimana kejamnya barang ini. Selain merusak tubuhmu, barang ini juga akan merusak kehidupan sosial juga masa depanmu. Lalu bagaimana sih agar kamu terhindar narkoba?

Selain dengan menjaga pergaulan kamu dengan lebih selektif dalam memilih teman, ada lagi cara seru menghindari narkoba, yaitu dengan menonton film. Nah apa saja filmnya, yuk simak!

Limitless (2011)

Film ini adalah salah satu contoh bagaimana penyalahgunaan narkoba bisa memperburuk hidup seseorang, tanpa ia sadari. Limitless menceritakan tentang Edward Morra, seorang penulis yang sedang terpuruk dan memiliki kesulitan melanjutkan proyek penulisan buku miliknya. Semuanya berubah saat Edward ditawari sebuah pil illegal yang mampu membuat kinerja otaknya berkembang menjadi 100 %. Bisa ditebak, karir Edward pun kemudian melejit dengan mengonsumsi pil tersebut. Segala sesuatu menjadi lebih mudah dilakukan dan terlihat menyenangkan.

Akan tetapi, semua narkoba pasti memiliki efek sampingnya. Hal ini juga terjadi pada Edward yang akhirnya harus mencari cari buat bertahan dari efek samping obat yang selama ini ia konsumsi. Contoh yang pas bagaimana narkoba bisa memberikan kenikmatan sesaat namun berefek sangat buruk di akhirnya.

The Beach (2000)

Film yang dibintangi oleh Leondardo Di Caprio ini bercerita tentang Richard seorang pemuda yang ingin merasakan pengalaman luar biasa dalam hidupnya. Ia menginginkan sebuah petualangan yang benar-benar menantang dan nggak ditopang dengan rasa aman. Keinginannya tersebut terjawab melalui peta yang diberikan oleh orang asing yang kemudian bunuh diri setelah memberikan peta sebuah lokasi kepada Richard.

Peta tersebut akhirnya mengantarkan Richard ke komunitas rahasia di sebuah pantai tersembunyi. Kehidupan orang-orang yang ada di komunitas tersebut sebagai bentuk pelarian dari kehidupan perkotaan yang menjemukan. Petualangan Richard pun dimulai saat ia tiba dan diterima dalam komunitas tersebut. Sampai akhirnya Richard sadar bahwa di lokasi tersebut mereka juga memiliki perkebunan ganja yang disembunyikan dengan baik.

Blow (2001)

Blow adalah film yang menceritakan tentang perjalanan hidup seorang penyeludup kokain asal Amerika bernama George Jung (Johnny Deep). Di masa kecilnya, Jung dibesarkan dengan nilai-nilai keluarga agar bekerja dengan jujur. Sayangnya ia harus menghadapi masa-masa sulit dalam hidupnya ketika sang ayah mengalami kebangkrutan.

Ketika beranjak dewasa, Jung bersama salah satu temannya, Tuna pindah ke California selatan dan memulai bisnis ganja. Sampai akhirnya berkembang dengan pesat setelah bertemu dengan Diego Delgado di penjara. Diego sendiri merupakan narapidana yang memiliki koneksi dengan kartel kokain di Medelin, Kolombia.

Hal yang menarik dalam film ini adalah kenyataan yang ditampilkan bahwa penjara telah menjadi tempat penggemblengan bagi para pelaku bisnis narkotika buat meningkatkan level dan kemampunnya dalam berbisnis barang haram tersebut.

21 Jump Street – (2012)

Sedikit berbeda dengan film lain yang ada dalam daftar ini yang memiliki genre drama. 21 Jump Street adalah film bertema narkoba yang memiliki genre komedi. Film ini menceritakan tentang dua polisi, Greg Jenko (Channing Tatum) dan Morton Schmidt (Jonah Hill) yang menyamar menjadi siswa SMA. Target mereka adalah para pengedar narkoba di sekolah yang mengincar para siswa. Banyak aksi seru saat keduanya mencoba mengungkap peredaran narkoba di lingkungan sekolah. Film ini juga menunjukkan bahaya mengonsumsi narkoba di kalangan remaja dan efeknya.

X The Last Moment (2011)

Selain film Hollywood, ada juga film karya anak bangsa yang membahas mengenai bahaya narkoba. Film ini bercerita tentang persahabatan lima orang yang berbeda status sosial sejak kecil hingga dewasa. Namun ada satu kesamaan mereka yakni semuanya tewas satu persatu karena narkoba.

Meskipun ada adegan bagaimana cara menggunakan narkoba, jangan pikir ada juga adegan bagaimana cara meraciknya ya PiBi. Karena tujuan dari dibuatnya film ini yaitu untuk mengedukasi apakah efek dari penggunaan narkoba juga efek jangka panjang yang diakibatkan.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar