Emblem Olimpiade dan Paraolimpiade Tokyo 2020 Sudah Resmi Di Umumkan!

Hai, Pibi! Ada kabar paling baru nih dari dunia olahraga buat kamu yang selalu haus informasi terbaru! Olimpiade dan Paraolimpiade Tokyo masih empat tahun lagi, tapi emblem untuk kedua acara berskala internasional tersebut sudah diresmikan hari ini di Tokyo. Kedua emblem yang terpilih itu sebelumnya harus berkompetisi dengan ribuan desain lain sejak Oktober tahun lalu lho, Pibi!

Komite Penyeleksi Emblem Tokyo 2020 sendiri sudah sejak awal April 2016 mengumumkan melalui media sosialnya bahwa proses seleksi dimulai. Meski sudah beranggotakan pakar-pakar desain, seniman, pengacara, dan atlet, namun mereka juga membuka kesempatan masyarakat umum untuk ikut serta memberikan pandangannya terhadap empat emblem yang terpilih. Mereka juga melakukan survei. Salah satu media, Facebook, menjadi platform untuk proses voting. Akhirnya komite memilih emblem hasil kreasi Asao Takolo, seorang perancang asli Jepang, yang sudah mengantongi berbagai penghargaan.

Baca Juga: Cari Tantangan Baru di Musim Depan, Lorenzo Gabung Ducati.

Emblem di atas berjudul "Harmonized Chequered Emblem". Menurut situs resmi Olimpiade dan Paraolimpiade Tokyo 2020 pola kotak-kotak yang populer di berbagai negara sepanjang sejarah dunia, juga memiliki arti spesial di Jepang. Pola ini secara resmi dikenal sebagai "ichimatsu moyo" di Jaman Edo (1603-1867) setelah seorang aktor Kabuki di jaman itu, Sanogawa Ichimatsu I, memakai pola itu untuk obi (semacam ikat pinggang khusus untuk kimono).

Emblem terpilih Olimpiade dan Paraolimpiade Tokyo 2020. Sumber: Twitter @tokyo2020

Baca Juga: Dalam Rangka Merayakan 29 Air Max, Nike Meluncurkan Air Max Terbaru 2016 Yaitu Air Max Ld-Zero H Dari Hiroshi Fujiwara

Masih menurut keterangan situs resmi Olimpiade dan Paraolimpiade Tokyo 2020, Asao Takolo memilih warna tradisional Jepang, biru indigo, untuk merepresentasikan Jepang yang elegan dan modern. Sedangkan komposisi tiga jenis persegi panjang mewakili berbagai negara, budaya dan cara berpikir yang beragam, Pibi.

Baca Juga: Nikmati Sajian Kuliner Dari 6 Negara Hanya Di Food Colony, Batam!

Emblem ini berisi pesan "bersatu dalam perbedaan", yakni, keberagaman sebagai wadah untuk menghubungkan dunia. Ini yang menjadikan komite memilih desain Asao Takolo sebagai emblem resmi Olimpiade dan Paraolimpiade Tokyo 2020. Pibi sendiri setuju nggak sama keputusan Komite Penyeleksi Emblem Tokyo 2020?

(RF)

Paling Baru's picture
Last seen: 20 hours 19 min ago
Joined: 1 Feb 2014 - 03:18