Tidak Hanya di Luar Negeri, Indonesia Juga Memiliki Pantai dengan Ombak yang Bercahaya di Malam Hari

bioluminescene

Ada yang tahu apa itu bioluminescene ? Fenomena alam ini muncul lewat salah satu adegan dalam film “Life of Pi” dimana Pi dan sang harimau dikelilingi oleh laut yang mengeluarkan cahaya berwarna biru di malam hari.

Yang lebih keren lagi, bukan hanya lautnya yang bercahaya, namun perahu dan hewan-hewan laut di sekitarnya, termasuk si paus juga bercahaya biru terang. Adegan yang terdapat dalam film yang disutradarai oleh Ang Lee tersebut bukanlah rekayasa, namun sebuah fenomena alam yang benar-benar terjadi dan kita pun bisa mengalaminya.

Mungkin hanya sedikit para traveler yang pernah melihatnya secara langsung. Bagi yang belum tahu tentang istilah tadi, bioluminescene merupakan kejadian seolah-olah ombak di tepi pantai terlihat seperti bercahaya layaknya bintang di langit. Peristiwa ini terjadi pada saat sebuah mikro-organisme di dalam air terganggu oleh oksigen yang menyebabkan bakteri bioluminescent bersinar.

Tempat terjadinya fenomena bioluminescence yang populer saat ini adalah di Vaadhoo, salah satu pulau Raa Atoll di Maladewa. Pantai di pulau Vaadhoo dianggap sebagai tempat paling sempurna untuk menyaksikan fenomena bioluminescene ini.

Pulau Vaadhoo, salah satu pulau Raa Atoll di Maladewa (sumber: huffingtonpost)

Kalian ingin menyaksikan fenomena indah ini? Tidak harus jauh-jauh ke Maladewa, karena di Indonesia semuanya ada! Indonesia terkenal memiliki keindahan alam yang sangat menajubkan, termasuk keindahan pantainya. Tidak sulit menemukan pantai yang indah di bumi pertiwi, secara negeri ini memiliki banyak pantai “berkualitas” yang tersebar di seluruh penjuru negeri.

Seperti yang sudah dibahas tadi, bahwa fenomena bioluminescene merupakan kejadian yang alamiah, sehingga tidak sulit juga untuk menyaksikan fenomena ini karena bisa dipastikan banyak pantai di Indonesia yang dapat kamu kunjungi untuk melihat kejadian menajubkan ini.

Jika di Maladewa ada pulau Vaadhoo, di Indonesia punya pulau Lombok dan Bali.

Fenomena Bioluminesensi Padangbai, Bali (sumber: okdiversbali)

Sebenarnya Padang Bai adalah sebuah pantai sekaligus pelabuhan yang melayani penyebrangan dari pulau Bali ke pulau Lombok. Keistimewaan dari tempat wisata ini adalah di dekatnya tersembunyi 2 buah pantai yang menawarkan keindahan hamparan pasir putih.

Kedua pantai tersebut  adalah Blue Lagoon dan pantai Padang Kurungan. Namun para wisatawan lebih sering menyebut kedua pantai tersebut dengan nama pantai Padang Bai. Saat petang, fenomena bioluminesensi  di pantai ini sangat menajubkan, cahaya yang dihasilkan mikro-organisme mengikuti arus air pasang di malam hari. Sangat memanjakan mata. Sayangnya fenomena bioluminesensi di pantai ini tidak banyak terekspos.

Gili Trawangan (sumber: indonesiad)

Di pantai Gili Trawangan kamu juga bisa menikmati keindahan pantai yang bercahaya layaknya bintang-bintang di langit. Pancaran cahaya bioluminesensi yang paling terang di Gili Trawangan adalah di bagian tengah. Mungkin hal tersebut disebabkan karena mikro-organisme yang hidup disana terkonsentrasi di bagian perairan yang relatif dalam. Sama dengan pantai Padang Bai, fenomena bioluminesensi di pantai ini juga tidak banyak terekspos. 

Gambar: Bioluminescene (sumber: pulpn)

(ST/RF/FM)

Baca Juga:  

Ocean Park, Wahana Wisata Air Terbaru di Jepara! Waterpark Dengan Pemandangan Pantai.

Pantai Navagio Di Yunani Menjadi Lokasi Syuting Terindah Drama Korea Descendants of The Sun (DoTS). Keren Banget!

Wedi Ireng: Destinasi Wisata Terbaru di Banyuwangi yang Membuat Anda Serasa Memiliki Pantai Sendiri

Hotel Unik dan Lucu di Lombok yang Instagram-able Banget!

Trekking: Cara Terbaru dan Termurah Nikmati Ubud, Bali

Paling Baru's picture
Last seen: 39 min 14 sec ago
Joined: 1 Feb 2014 - 03:18