Fakta dan Informasi Menarik Seputar Stadion UEFA EURO 2016: Stade Pierre Mauroy

Stadion UEFA EURO 2016: Stade Pierre Mauroy

Meski kehilangan salah satu pemain terbaiknya, Marco Reus, Jerman tetap merupakan salah satu tim yang diunggulkan untuk menjuarai EURO 2016. Pertandingan pertamanya di turnamen EURO tahun ini akan diselenggarakan di Stade Pierre Mauroy. Der Panzer kali ini ditantang oleh Ukraina pada tanggal 12 Juni. Yuk kita kunjungi Stade Pierre Mauroy yang merupakan salah satu stadion terbaik Eropa!

Pengetahuan Dasar

Stade Pierre Mauroy terletak di kota Lille. Stadion ini dibangun sejak tahun 2010 dan dibuka secara resmi pada 17 Agustus 2012. Awalnya stadion ini dinamai Grand Stade Lille Métropole sebelum akhirnya diganti menjadi Stade Pierre Mauroy. Hal ini untuk menghormati mantan Walikota Lille yang juga pernah menjabat Perdana Menteri Perancis, Pierre Mauroy.

Selain untuk pertandingan sepak bola, Stade Pierre Mauroy juga menjadi tempat diselenggarakannya cabang olahraga lain. Misalnya, fase penyisihan EuroBasket tahun 2015, ajang Supercross 2016, dan Davis Cup 2014.

Stadion kandang LOSC Lille Métropole ini juga pernah menjadi saksi betapa spektakulernya konser Rihanna tahun 2013. Bahkan, penyanyi asal Barbados itu juga akan menggelar Anti World Tour 2016 nanti di stadion ini.

Berbagai Jenis Acara Bisa Diselenggarakan di Stade Pierre Mauroy (sumber: stade-pierre-mauroy.com)

Arsitektur

Pembangunan Stade Pierre Mauroy menelan biaya sebesar kurang lebih 300 juga Euro dengan menggunakan dana gabungan public dan swasta. Stade Pierre Mauroy berkapasitas 50.000 tempat duduk.

Desain Stade Pierre Mauroy ditangani oleh perusahaan arsitektur Perancis, Eiffage. Keunggulan stadion ini adalah atapnya yang bisa membuka dan menutup secara otomatis dalam 30 menit. Jadi, meski dalam cuaca apapun, acara dalam stadion tetap bisa berlangsung.

Kelebihan lain yang dimiliki Stade Pierre Mauroy adalah adanya built-in arena. Maksudnya, setengah lapangan sebelah utara didesain agar bisa terangkat dan bergeser menutupi setengah bagian sisanya di sebelah selatan.

Setengah Lapangan Stade Pierre Mauroy yang Bisa Diangkat dan Digeser (sumber: skyscrappercity.com)

Ada 29.500 tempat duduk yang disembunyikan di bawah tanah sehingga ketika setengah lapangan naik dan bergeser, tempat duduk tersebut bisa naik. Maka jadilah sebuah arena baru di dalam stadion! Built-in arena ini adalah satu-satunya di Eropa dan menjadikan arsitektur Stade Pierre Mauroy unggul dari yang lain.

Kamu mau tahu betapa hebat arsitektur Stade Pierre Mauroy? Lihat videonya di bawah ini dan bersiaplah terpukau!

Pertandingan Pertama

Pertandingan pertama yang digelar di Stade Pierre Mauroy adalah antara Lille dan Nancy (1-1) di ajang Ligue 1 pada 17 Agustus 2012.

Fasilitas

Untuk pecinta sepakbola, ada fasilitas Fan Bar yang berlokasi Tribun Utara dan Selatan dengan pemandangan langsung ke lapangan. Dalam Fan Bar sendiri ada berbagai bad an FoodZone. Kamu bisa memilih berbagai makanan dan minuman untuk menemanimu selama pertandingan.

Restoran di Stade Pierre Mauroy (sumber: osc.fr)

Nikmati Fasilitas Premium di Stade Pierre Mauroy (sumber: losc.fr)

Beberapa contoh fasilitas lainnya adalah Lodge Personal (high-end), Restaurant (panoramic), Business Lounge (premium lounge), Club Business, dan Lodge Evenementielle. Tarif semua fasilitas ini berbeda-beda tergantung kelasnya. Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa kunjungi situs www.losc.fr/entreprises.

Pertandingan UEFA EURO 2016

Pertandingan – pertandingan UEFA EURO 2016 yang akan diselenggarakan di Stade Pierre Mauroy adalah:

1) Jerman menjamu Ukraina pada tanggal 12 Juni 2016 (Grup C)

2) Rusia berhadapan dengan Slovakia pada tanggal 15 Juni 2016 (Grup B)

3) Italia melawan Republik Irlandia pada tanggal 22 Juni 2016 (Grup E)

4) Babak 16 Besar pada tanggal 26 Juni 2016

5) Babak Perempat Final pada tanggal 1 Juli 2016

Wah! Dari hasil riset di atas, Tim palingbaru.com merasa meski Stade Pierre Mauroy masih baru, tapi sepertinya merupakan salah satu dari sedikit stadion multifungsi dengan fasilitas yang ramah penonton. Hmm.. Apakah Stade Pierre Mauroy bisa menjuarai voting ‘Stadion Terbaik UEFA EURO 2016’? Kita lihat saja nanti.

(RF/ST/FM)

Baca Juga: 

Fakta dan Informasi Menarik Seputar Stadion UEFA EURO 2016: Parc des Prince

Fakta dan Informasi Menarik Seputar Stadion UEFA EURO 2016: Stade de Bordeaux

Fakta dan Informasi Menarik Seputar Stadion UEFA EURO 2016: Stade de France

Fakta dan Informasi Menarik Seputar Stadion UEFA EURO 2016: Stade Vélodrome

Fakta dan Informasi Menarik Seputar Stadion UEFA EURO 2016: Stade de Nice

Paling Baru's picture
Last seen: 40 min 8 sec ago
Joined: 1 Feb 2014 - 03:18