Layanan Streaming Musik Spotify Mencatat Rekor Baru!

Layanan Streaming Musik Spotify Mencatat Rekor Baru!

Dalam era digital, layanan streaming musik sangat dibutuhkan banyak orang. Kategori ini dihuni oleh beberapa startup yang saling bersaing ketat, ditambah pendatang baru seperti Tidal dan Apple Music. Meski demikian, rupanya pemenangnya adalah Spotify, startup asal Swedia yang diluncurkan sejak 2008 lalu.

Kemarin, tanggal 20 Juni 2016, Spotify mengumumkan telah mencapai 100 juta pengguna aktif per bulan. Dilansir dari The Telegraph, kabar ini diumumkan tiga bulan setelah Spotify memiliki 30 juta pelanggan berbayar. Ini adalah rekor baru yang dicetak oleh sebuah startup yang bergerak di layanan streaming musik.

Layanan Streaming Musik Spotify di Smartphone (sumber: Mn Digital)

Selain itu, ini adalah peningkatan dari angka tahun lalu ketika Spotify mencatatkan ada sebanyak 89 juta pengguna aktif. Terhitung sejak 2014, pelanggan berbayar Spotify meningkat rata-rata 10 juta per tahun. Fakta ini punya potensi membuka lahan keuntungan lain bagi Spotify. Bisa jadi jumlah iklan yang masuk ke layanan streaming musik yang didirikan Daniel EK ini semakin bertambah.

Hanya saja masih banyak yang harus diwaspadai oleh Spotify, salah satunya adalah kehadiran Apple Music. Layanan streaming milik Apple yang baru berusia setahun ini memang hanya tersedia untuk pelanggan premium (berbayar). Tetapi, menurut laporan The Verge, jumlah pelanggan Apple Music sudah mencapai 15 juta pengguna aktif.

Kelebihan Spotify adalah jumlah artis yang merilis lagu atau album barunya di layanan ini terbilang banyak, hampir seperti iTunes. Meski begitu, kamu masih bisa menikmati layanan free. Jika kamu punya aplikasi Spotify di desktop, tidak seperti di smartphone, kamu tetap bisa memutar lagu sesuai pilihan dari berbagai platform (PC, tablet, smartphone). Untuk itulah jumlah pelanggan tak berbayar Spotify berjumlah tinggi, sedangkan pengguna premiumnya terhitung masih stagnan.

Nikmati Layanan Spotify di Berbagai Platform (sumber: Google+ Spotify)

Strategi pemasaran Spotify juga baik. Untuk layanan Spotify di Amerika dan Eropa, Spotify membuat playlist untuk merayakan Lesbian, Gay, Bisexual, and Transgender Pride Month dan memperingati tragedi penembakan di Orlando, Amerika Serikat. Ada ABBA, Village People, Right Said Fred, Cher, Adam Lambert, Troye Sivan, dan Years & Years yang mengisi playlist tersebut.

Playlist Pride di Spotify (sumber: PC Mag)

Isa Notermans, Global Head of Diversity and Inclusion dari Spotify, menyatakan playlist tersebut rupanya sangat populer di kalangan pengguna Spotify. Cara ini adalah bentuk engagement Spotify kepada para pelanggannya dan menunjukkan sensitivitas Spotify terhadap isu-isu sosial dan budaya yang terjadi di dunia.

Dengan jumlah 100 juta pengguna aktif, Bank Investasi GP Bullhound menaksir Spotify adalah startup terbesar di Eropa dan sudah sewajarnya Spotify merangkul pelanggannya yang berasal dari latar belakang beragam.

Apakah kamu juga termasuk pengguna Spotify? Berikut ini ada trik menggunakan Spotify yang perlu kamu tahu!

(RF)

Baca Juga: 

Akan Tampil Di Final Liga Champions 2016, Alicia Keys Rilis Lagu Baru Ini

Blink-182 Datang Dengan Single Pertama Dari Album Baru Mereka!

"This One's For You", Lagu Resmi UEFA EURO 2016 Sudah Dirilis!

Ini Alasan Raisa Menamai Album Barunya ‘Handmade’!

Penantianmu Para Fans Beyonce Kini Sudah Selesai, Beyonce Rilis Album Baru!

Paling Baru's picture
Last seen: 23 hours 14 min ago
Joined: 1 Feb 2014 - 03:18