Makanan Anti Ribet Untuk Sahur Selama Bulan Ramadhan

kerupuk enak untuk sahur

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling dinanti-nantikan oleh seluruh umat Muslim di dunia. Berbagai persiapan dilakukan untuk menyambut bulan suci ini. Mulai dari persiapan mengatur jadwal berbuka puasa bersama teman-teman, tarawih hingga baju lebaran baru. Tetapi yang sering dilupakan adalah persiapan sahur.

Kebanyakan dari kita pasti malas untuk bangun pada dini hari dan mempersiapkan makanan untuk sahur. Ada yang membeli makanan pada malam hari untuk dihangatkan kembali ketika sahur bahkan ada yang tidak sahur sama sekali, padahal hukum sahur itu adalah sunnah. Nah, berikut ini adalah makanan anti ribet yang bisa kamu siapkan untuk sahur selama bulan Ramadhan.

1. Rendang

Rendang Daging (sumber: Resep Masakan Kue)

Semua orang udah pasti tahu rendang. Rendang merupakan makanan khas Sumatera Barat yang meraih predikat sebagai makanan terenak di dunia. Proses pembuatan rendang memakan waktu cukup lama dan memakai rempah-rempah yang banyak.

Kabarnya, rendang mampu bertahan hingga 3 bulan lamanya tanpa berubah rasa, aroma dan tidak perlu dipanaskan kembali jika disimpan secara benar, dimasak lama dan menggunakan bahan masakan berkualitas.

Jika kamu menggunakan santan berkualitas dan memasak rendang sampai berubah warna kehitaman maka rendang tahan lama akan kamu dapatkan. Rendang bisa kamu jadikan menu sahur. Selain mudah, rendang juga nikmat banget.

2. Kering Tempe dan Kering Kentang

 

Kering Tempe (sumber: Agimart)

Kering tempe dan kering kentang juga merupakan makanan yang tahan lama dan tidak perlu dipanaskan kembali. Selama disimpan di tempat yang kering dan wadah tertutup maka kamu bisa menikmati kering tempe dan kentang dalam jangka waktu yang cukup lama.

Menu ini cocok dimakan dengan apapun, bisa dengan nasi putih hangat, nasi kuning atau dicemilin gitu aja juga enak.

3.  Ikan Kering yang Diasinkan

Ikan Asin Kering (sumber: Vemale)

Ikan kering yang diasinkan sudah pasti bertahan lama. Karena selain dikeringkan juga diasinkan, sehingga proses pembusukannya akan berlangsung lebih lama. Ikan kering yang diasinkan ini dapat bertahan hingga berbulan-bulan bahkan setahun lamanya, selama disimpan di tempat yang kering dan jauh dari sinar matahari langsung.

4. Abon

Roti Abon (sumber: Jasmine Cakery)

Abon adalah makanan yang terbuat dari serat-serat daging, baik itu daging sapi, ayam maupun ikan. Merupakan salah satu makanan yang awet dan enak dimakan dengan nasi putih hangat, bubur, roti atau dicemilin.

Abon banyak tersedia di pasar dan supermarket dengan berbagai pilihan rasa. Jadi sangat mudah untuk menemukannya. Simpan abon di tempat yang kering dan wadah tertutup agar tidak merubah rasanya.

5. Garam, Kecap dan Kerupuk

Garam (sumber: Blogger Banua)

Garam, kecap dan kerupuk merupakan menu makanan anti ribet untuk sahur yang paling terakhir. Disaat sudah tidak ada pilihan atau kepepet, maka garam, kecap dan kerupuk menjadi teman setia sahurmu. Hehehe…

Jadi mulai sekarang persiapkan makanan anti ribet untuk sahur mu! Kunci dari makanan yang awet adalah menggunakan bahan makanan yang berkualitas, disimpan di tempat yang kering, tidak lembab, tidak terkena sinar matahari langsung dan disimpan dalam wadah tertutup.

(TR/RF/ST/FM)

Baca Juga:

4 Aplikasi Resep Masakan Ini Siap Membantumu Menyiapkan Menu Buka Puasa dan Sahur

Menyambut Bulan Ramadhan, Indonesia Hijab Festival 2016 Hadir di Surabaya!

Makan dan Minum Sambil Bermain Dengan Kucing-kucing Lucu Hanya di The Cat Cabin Jakarta!

Roti Berbentuk Bola Makanan Generasi Terbaru Produk “Eat the Ball”

Makan dan Minum Sambil Bermain Dengan Kucing-kucing Lucu Hanya di The Cat Cabin Jakarta!

Tags: 
admin's picture
Last seen: 12 hours 55 min ago
Joined: 1 Feb 2014 - 03:18

Tuliskan pendapatmu tentang artikel diatas