OLLI, Mobil Pertama di Dunia yang Bisa Nyetir Sendiri!

OLLI, Mobil Pertama di Dunia yang Bisa Nyetir Sendiri!

Kamu sekarang bebas, tidak akan pernah lagi repot-repot nyetir mobil walaupun tidak menggunakan sopir. WAW! Luar biasa! Namanya OLLI, mobil yang bisa nyetir sendiri tanpa kendali dari seorang sopir.

Kemarin, 16 Juni 2016, Local Motor, mengenalkan minibus atau mobil pertama yang bisa nyetir sendiri, ini nyata dan bukan sihir. OLLI bisa menyetir sendiri karena didalamnya sudah ada teknologi IBM Watson Internet of things (IoT). Komputasi IBM watson, memungkinkan OLLI untuk menganalisa dan belajar dari volume data kendaraan yang tinggi melalui 30 sensor yang ada didalamnya.

Tidak hanya itu saja, OLLI ini mobil listrik yang dilengkapi dengan beberapa teknologi kendaraan paling canggih sedunia, termasuk komputasi dari IBM Watson, bisa membawa 12 penumpang dan sangat flexible. Menariknya, menurut situs resmi OLLI, penumpang bisa berinteraksi dengan OLLI saat ingin pergi dari titik A ke titik B, berdiskusi tentang bagaimana OLLI bekerja, bertanya ketika OLLI tentang dia mengambil keputusan mengemudi tertentu dan masih banyak lagi. Kalau dilihat dari kemampuannya, OLLI berusaha menghadirkan kenyamanan apa yang kita butuhkan ketika menaiki sebuah transportasi umum ya ?

Kabarnya. Mobil ini mulai tanggal 16 Juni 2016 kemarin, dijalankan di jalan umum secara lokal di DC dan pada akhir tahun nanti di jalankan pada Miami Dade County dan Las Vegas. Kalau bisa sampai masuk ke Indonesia, tentu ini adalah tawaran transportasi yang sangat cerdas, aman dan sangat futuristik, sangat tepat disaat transportasi di Indonesia sedang seperti ini hehehe.

Bahkan, di situs resminya, OLLI mengklaim dirinya lebih dari manusia dengan mengatakan,"Saya bisa melihat lebih jauh kedepan dan bereaksi lebih cepat daripada respon manusia yang sedang menyetir (Jangan tersinggung, saya masih dibuat oleh pikiran manusia berbakat.)". 

Nah, dengan adanya kemajuan teknologi seperti ini, apakah ini sebuah ancaman bagi kita sebagai manusia ? Ataukah sebuah perkembangan yang positif ? Tapi, ingat, sampai kapanpun manusia akan selalu menciptakan sesuatu yang baru, sesuatu yang luar biasa, sesuatu yang berguna dan sesuatu yang bermanfaat, hanya dengan tujuan, untuk bertahan hidup.

Untuk lebih jelas, kamu bisa lihat video luar biasa OLLI dibawah ini.

Semoga sampai di Indonesia!

(FM)

Baca Juga: 

2 Aksesoris Futuristik Sepeda dan Motor yang Harus Kamu Miliki!

Sepeda Listrik SUV Pertama yang Cocok Untuk Medan Off-Road

Lengkapi Mobil SUV-mu dengan Dapur SCOUT OVERLAND KITCHEN

Blackfin Camper Box, Cara Baru Menikmati Alam Bebas Diatas Atap Mobilmu!

Telkomsel T-Bike, Terobosan Baru Aplikasi Motor Pintar. Asisten Pengendara Cerdas, Penjaga Motormu Dari Maraknya Curanmor

admin's picture
Last seen: 1 week 3 days ago
Joined: 1 Feb 2014 - 03:18

Tuliskan pendapatmu tentang artikel diatas